Vihara Vipassana Graha – Vihara di Lembang

sumber: rizkynovianti.blogspot.com

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa yang kaya akan tempat wisatanya, mulai dari wisata alam hingga wisata religinya.

Salah satu tempat wisata yang ada di Jawa Barat adalah Vihara Vipassana Graha yang merupakan objek wisata religi di Jawa Barat. Vihara umat Buddha ini terletak di daerah Lembang, tepatnya di Jalan Kolonel Masturi.

Sejarah

sumber: kamanawaeman.blogspot.com

Berdirinya vihara ini tentu tak lepas dari berdirinya Majelis Agama Buddha di Bandung yang pertama kali didirikan pada tanggal 3 Oktober 1977.

Majelis yang semula bernama MAPANBUDDHI itu mulanya tidak mempunyai vihara sama sekali. Hal itu membuat mereka mesti berpindah-pindah tempat ibadah dan pertemuan. Sejumlah tempat pernah dijadikan sebagai rumah ibadah dan pertemuan mereka, seperti Gedung Permaba di Jalan Klenteng no. 41, dan Gg. Ijan no. 8 Bandung.

Pada tahun 1985, majelis yang kini bernama MAGABUDHI ini mendapat kunjungan dari seorang biksu yang bernama Bhante Phaophan yang berasal dari Thailand.

Selama masa kunjungannya, biksu Bhante Phaopan selalu mengajarkan nilai-nilai dharma kepada para anggota majelis MAGABUDHI saat itu. Di saat bersamaan, para biksu MAGABUDHI pun mengungkapkan keinginannya kepada biksu Phaopan bahwa mereka ingin membuat vihara sendiri dan memohon bantuan dari biksu asal Thailand tersebut.

Biksu Bhante Bhaopan pun membantu mereka untuk mencari tempat yang cocok dijadikan tempat ibadah mereka. Sayang, selama tiga bulan, mereka tak kunjung mendapat tempat yang diinginkan. Akhirnya, biksu Bhante pun harus pulang ke negaranya, karena masa kunjungannya telah selesai.

Singkat cerita, umat Budha Bandung kembali kedatangan biksu asal Thailand, Bhante Chaluai Sujivo. Saat biksu Sujivo berkunjung, umat Buddha di Bandung juga mengungkapkan keinginannya untuk membangun vihara.

Bak gayung beersambut, keinginan itu pun diamini oleh sang biksu Thailand tersebut. Hingga akhirnya, pembanguan vihara itu pun resmi dilakukan pada tahun 1992 yang lalu.

Keindahan Vihara dan Sekitarnya

sumber: inspirebill.blogspot.com

Jika wisatawan hendak melihat keindahan vihara ini,maka wisatawan harus menempuh rute ke arah Lembang, tepatya ke Jalan Kolonel Masturi. Letak vihara ini sendiri berdekatan dengan sejumlah rumah makan dan penginapan, seperti cafe Sapu Lidi dan Villa Istana Bunga.

Saat wisatawan sampai di vihara ini, wisatawan akan melihat sebuah bangunan berwara putih bersih bercampur sedikit warna keemasan, dan bagian atapnya dibangun dengan desain arsitektur pagoda.

Vihara ini terbuka untuk umum. Meski begitu, wisatawan tidak boleh bertindak seenaknya di vihara ini, mengingt vihara ini memang sering dipakai khusus untuk kegiatan ibadah umat Buddha di Bandung.

Tak jauh dari vihara ini, ada sebuah bangunan yang berwarna putih dan keemasan. Hanya saja, bentuknya lebih kerucut daripada vihara. Bangunan bangunan tersebut ternyata tak lain adalah candi Maha Panca Bala yang merupakan bagian dari komplkes meditasi Vihara Vipassana Graha.

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Vihara_Vipassana_Graha

carivillalembang.net

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *