Menyimak Karya Sang Maestro Patung di Taman Patung NuArt

Kota Bandung merupakan kota yang mempunyai banyak taman di tiap sudut kotanya. Taman Bougenville, Taman Lalu Lintas, dan Taman Jomlo adalah beberapa di antarannya. Namun, ada satu taman yang unik dan harus disambangi oleh para wisatawan yang hendak bertamasya ke Bandung, yaitu Taman Patung nuArt. Taman yang bernama lain NuArt Sculpture Park ini merupakan taman yang memajang karya-karya seni patung dari sang maestro patung Indonesia asal Bali, Nyoman Nuarta.

Memamerkan Karya Terbaik Sang Maestro

Taman yang menyatu dengan museum ini memang dirancang sebagai wadah untuk memamerkan karya-karya terbaik dari sang maestro patung tersebut. Tak hanya itu, taman dan museum yang beralamat di jalan Sentra Duta Kencana II/11 ini juga menjadi wadah bagi para seniman patung lainnya, baik yang ada di Bandung, luar Bandung, hingga mancanegara.

Nyoman Nuarta sendiri dikenal sebagai pematung yang setiap karyanya mempunyai filosofi yang kental di dalamnya. Sejumlah patung tersebut tersebar di berbagai area, mulai dari taman hingga bagian dalam museum.

Selama berkeliling di tempat wisata ini, wisatawan akan dipandu oleh pemandu khusus yang akan memandu wisatawan untuk melihat tiap patung yang ada di tempat wisata ini. Terdapat beberapa patung yang bisa disimak oleh wisatawan, salah satunya adalah patung Drupadi.

Patung Drupadi sendiri berbentuk sebuah adegan antara sepasang manusia dan sesosok wajah menyeramkan dan menyerupai seperti wajah setan. Adapun filosofi patung ini sendiri adalah sketsa atau penggambaran dari hubungan terlarang sepasang kekasih yang melahirkan anak mereka yang tak dikehendaki dengan cara aborsi.

Dokumentasi Nyoman Nuarta dan Karya Patung Seniman Lainnya

Tak hanya patung-patung karya Nyuman Nuarta, di sini wisatawan juga bisa melihat sejumlah foto yang mendokumentasikan proses pembuatan patung buatan Nyoman Nuarta lainnya yang tak kalah indah dan filosofi, Patung Garuda Wisnu Kencana. Foto-foto tersebut bisa dilihat di dalam bangunan museum tempat wisata ini, terutama di bagian lantai 2.

Masih ada beberapa hal lain yang bisa disimak di tempat wisata ini. Salah satu di antaranya adalah berbagai karya patung dari berbagai seniman patung lain yang berasal dari berbagai daerah dan negara.

Bersantap Ria dan Belajar Mematung

Setelah puas menikmati berbagai karya patung dan lainnya, wisatawan bisa menikmati sajian menu dari kafe yang ada di sekitaran tempat wisata ini. Adapun kafe tersebut adalah N Café NuArt yang menyajikan menu nasi campur dan Ballinesse Bebek Crispy sebagai dua menu andalan.

Puas bersantap ria di N Café NuArt, wisatawan bisa belajar caranya mematung di tempat wisata ini. Terdapat beberapa instruktur professional yang akan mengajar wisatawan untuk membuat sebuah karya patung yang bagus.  Seusai belajar mematung, wisatawan juga bisa mampir ke Craft Boutique untuk membeli buah tangan berupa miniature dari karya-karya Nyoman Nuarta yang bisa dibawa sebagai buah tangan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *