Taman Cimanuk, Taman Bersejarah di Cimanuk

Sumber: ksmtour.com

Banyak tempat wisata yang dapat kita temui di Indramayu. Salah satu tempat wistaaa tersebut adalah Taman Cimanuk. Letak pasti dari tempatiwsata ini adalah di Jalan Veteran Indramayu, atau berada di belakang Masjid Indramayu dan di bawah jembatan utama Pendopo Indramayu.

Tempat Wisata Bersejarah

Bisa dibilang kalau Taman Cimanuk adalah salah satu tempat wisata di Indramayu yang mengandung nilai sejarah di dalamnya. Hal itu dikarenakan tempat wisata ini dahulunya pernah menjadi salah satu pelabuhan besar di Jawa Barat. Adapun salah satu bukti sejarah tersebut adalah adanya sebuah tiang bendera yang kini telah diabadikan di dalaam area tempat wisata ini.

Saat menyambangi tempat wisata ini, kita akan disuguhkan oleh pemandangan indah berupa taman yang indah serta diairi oleh sungai yang bersih dan tak kalah indahnya. Kita juga akan disodorkan pemandangan pesawahan yang ada di sekeliling tempat wisata ini. Tak hanya itu, ada pula sebuah sampan yang terbuat dari bambu dan diletakkan di tengah sungai tempat  wisata ini. Sayangnya, sampan tersebut tidak diperuntukkan sebagai alat transportasi bagi para wisatawan.

Menyaksikan Jembatan Cimanuk dan Belajar Membatik

Sumber: twitter.com

Tak jauh dari tempat wisata ini, ada sebuah jembatan gantung yang bernama Kreteg Gantung atau biasa juga disebut dengan nama Jembatan Cimanuk. Jembatan yang legendaris tersebut kini telah dilengkapi dengan yang berwarna-warni di sekelilingnya,  yang membuat jembatan ini menjadi terlihat lebih cerah dan indah.

Terdapat pula beberapa permainan anak-anak yang bisa dijajal anak-anak kita. Adapun wahana-wahana tersebut antara lain: jungkat-jungkit, dan juga wahana ayunan. Tak hanya itu, anak-anak juga bisa belajar caranya membatik bersama dengan pengrajinnya di rumah seni yang ada di Taman Cimanuk ini.

Setelah usai belajar membatik, kita bisa mengajak anak-anak kita untuk melihat sejumlah karya seni dan benda-benda bersejarah. Untuk melihat beberapa karya seni di sini, kita bisa mengajak anak-anak kita ke Galeri Empat Belas yang dulunya ternyata merupakan tempat penggilingan padi.

Melihat Benda Purba dan Bersantap di Kedai Galeri

Sumber: besoklusa.com

Adapun jika hendak melihat berbagai benda purbakala, maka kita bisa mengajak anak-anak kita ke Kedai Galeri yang berisi beberapa benda yang umurnya sudah ratusan tersebut. Barang-barang purba yang bisa kita lihat di sini antara lain: pembajak sawah, lumping, serta foto-foto bersejarah yang menggambarkan suasana Indramayu tempo dulu.

Tak hanya menampilkan barang-barang purba, Kedai Galeri juga menyajikan berbagai santapan lezat yang patut untuk dicicipi. Di seberang kedai ini, ada tempat makan lainnya yang patut disambangi, yaitu Pusat Kuliner Cimanuk. Tak seperti Kedai Galeri yang menyajikan barang-barang purba, Pusat Kuliner Cimanuk hanya menyajikan beberapa menu lezat yang bisa dinikmati oleh kita selaku wisatawan.

Kini, Taman CImanuk tak hanya dijadikan objek wisata semata, melainkan sudah dipakai sebagai objek lainnya, seperti reunian dan juga sebagai lokasi syuting.

Referensi:

https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/jawa-barat/taman-cimanuk-wisata-baru-yang-memikat-di-indramayu-jawa-barat.html

https://zonalibur.com/melongok-keindahan-taman-cimanuk-indramayu/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *