Taman Bunga Nusantara – Taman Bunga dari Kota Beras Cianjur

Cianjur merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang terkenal dengan julukan Kota Beras. Daerah ini memang merupakan penghasil beras berkualitas, baik di Jawa Barat maupun Indonesia.

Tak hanya sebagai penghasil beras, daerah yang dijuluki Kota Santri ini juga kaya akan tempat wisatanya, baik wisata alam maupun wisata buatannya. Salah satu tempat wisata tersebut adalah Taman Bunga Nusantara yang beralamat di di Desa Kawung-Luwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur.

Seperti namanya, taman seluas 35 hektar ini memang mempunyai hamparan bunga yang begitu indahnya.Taman ini sendiri sudah berdiri sejak tanggal 10 Septembr 1995 silam dan menjadi taman pertama di Indonesia yang menampilkan berbagai jenis bunga yang ada di seluruh dunia.

Bunga-bunga di sini rerata memang berasal dari berbagai wilayah di dunia, mulai dari Indonesia sampai beberapa negara lain yang ada di benua Eropa maupun Amerika.

Disambut Oleh Replika-Replika yang Indah Saat pertama kali memasuki taman bunga ini, wisatawan akan disuguhi oleh pemandangan indah berupa replika burung merak yang terbuat dari bebungaan yang ada di taman ini.

Bagian ekor replika burung merak yang berwarna-warni menjadi daya tarik utama dari replika burung merak ini. Tak jauh dari replika tersebut, terdapat replika lain yang dibuat juga dari bebungaan yang indah di taman ini.

Kali ini, replikanya tidak berwujud seekor hewan, melainkan berwujud sebuah jam raksasa. Menariknya, replika jam dari bebungaan tersebut ternyata bukan sekadar replika belaka.

Melainkan, memang sebuah jam raksasa betulan yang juga bergerak laiknya jam pada umumnya. Taman Dibalik Taman Tak hanya bunga-bunga dan replikanya yang indah, tempat wisata ini juga mempunyai beberapa taman lagi di dalamnya.

Adapun taman-taman tersebut di antaranya: Taman Air, Taman Mawar, Taman Perancis, hingga Taman Rahasia (Labyrinth). Di antara taman-taman tersebut, bisa dibilang jika Taman Rahasia dan Taman (Labyrinth) adalah salah satu taman yang menarik dan direkomendasikan untuk disambangi oleh wisatawan.

Taman Rahasia (Labyrinth) adalah sebuah taman yang berbentuk labirin yang berkelok-kelok dan menyulitkan.

Tak perlu takut tersesat saat masuk ke taman ini. Sebab, wisatawan akan diberi sebuah peta khusus yang menjabarkan rute taman ini, sehingga wisatawan bsia menemukan jalan keluar dari taman Labyrinth tersebut.

Adapun kalau wisatwan ingin memakai peta tersebut, maka wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 1000 rupiah kepada pihak pengelola Taman Rahasia.

Fasilitas-Fasilitas Taman Bunga Nusantara Cianjur juga mempunyai sejumlah fasilitas yang menunjang dan bisa dinikmati oleh para wisatwan. Fasilitas-fasilitas tersebut di antaranya: Rumah Kaca, Danau Angsa, Panggung Terapung, dan Nani’s Galleria.

Tak hanya dijadikan sebagai salah satu temoat wisata andalan di Cianjur, Taman Bunga Nusantara ini juga dijadikan sebagai kebun percobaan bagi beberapa jenis bunga tertentu, terutama yang ada di daerah subtropis seperti Eropa dan Amerika.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *