Mari Mengenal Stone Garden Padalarang

sumber: tempatwisatadibandung.info

Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang terkenal akan potensi wisatanya. Adaun destinasi wisata yang ada di sini tergolong beragam, mulai dari wisata sejarah, buatan, hingga wisata alam. Salah satu tempat wisata tersebut adaalah Stone Garden di Padalarang. Tempat wisata ini sendiri berupa sebuah kawasan gunung batu kapur yang letaknya persis di puncak Gunung Pawon.

Dulunya, tempat wisata ini merupakan salah satu baian laut dangkal di Bandung yang pernah menenggelamkan kota ini dan sekitarnya selama beberapa ratus tahun yang lalu. Seiring  berjalannya waktu, laut itu pun menjadi sutu dan menjadi daerah BAndung dan Jawa Barat.

Ditemukan juga sejumlah pennemuan penting di sekitaranm tempat wisata ini, mulai dari pasir pawon, hingga beberapa fosil peninggalan zaman purbakala.

Berwisata di Stone Garden Padalarang

sumber: destinasibandung.co.id

Sejumlah hal menarik akan ditemukan saat berwisata ke tempat wisata satu ini. Saat di puncak tempat wisata ini, kita akan meliat indahnya pemandangan pada  larang yang hijau dari ketinggian tempat wisata ini. Wilayah Stone Garden sendiri sering dijadikan salah satu area menarik untuk melakukan kegiatan foto bersama.

Jika hendak ke tempat wisata ini, maka disarankan untuk datang di waktu pagi ataupun petang. Sebab, di kedua waktu ini, kita bisa menikmati indahnya matahari terbit dan juga matahari yang hendak tenggelam ke peraduannya.

Terdapat pula bebatuan di sekitar tempat wisata ini. Bebatuan tersebut adalah batu kapur yang usianya sudah rartusan ribu tahun yang lalu. Batuan tersebut merupakan salah satu bukti sejarah jika Jawa Barat dulunya adalah sebuah kawasan perarian.

sumber: wisatapalingindah.blogspot.com

Sebelumnya, batuan kapur tersebut adalah koral-koral yang ada di perairan Jawa Barat. Namun, karena proses alam, batuan koral itu pun kemudian berevolusi menjadi batuan kapur yang ada di tempat wisata ini.

Rute dan Tiket Masuk

Ada sejumlah rute yang bisa diambil saat hendak ke tempat wisata ini. Jika wisatawan berasal darei arah Jakarta, maka wisatawan hanya perlu masuk ke arah Tol Padalarang, dan langsung dilanjut ke daerah Padalarang. Setelah sampai di Padalarang, perjalanan pun dilanjutkan ke daerah Cipatat dan Gunung Masigit. Setelah itu, barulah wisaatwan sampai ke tempat wisata tersebut.

Jika wisatawan berasal dari arah Bandung, maka wisatawan bisa mengambil jalur ke Tol Cipularang, kemudian dilanjut ke arah Parahyangan. Setelahnya, wisatawan melanjutkan perjalanan ke arah Cipatat, dan setelah itu wisatawan akan sampai ke kawasan Stone Garden Padalarang.

Tempat wisata ini terbuka untuk umum dan buka selama 24 jam. Harga tiketnya sendiri beragam, tergantung dari pintu mana wisatawan masuk. Jika masuk langsung ke pintu masuk Stone Garden, maka wisatawan harus membayar Rp. 3000 serta biaya khusus parkir sesuai dengan harga Rp. 10.000 untuk mobil, dan Rp. 5.000 untuk motor. Jika masuk dari area Gua Pawon, maka wisatawan harus membayar Rp. 5000 serta biaya parkir sebesar Rp. 6000.

Referensi

tempatwisatadibandung.info

wisatalova.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *