Berwisata Danau dan Menyambangi Batu Cinta di Situ Patenggang

sumber: ibnuasmara.com

Selalu ada tempat wisata di hampir tiap daerah di Jawa Barat. Adapun salah satunya adalah Situ Patenggang yang berada di daerah Ciwidey. Ada beberapa akses transportasi yang bisa dipakai guna mencapai tempat wisata ini. Jika hendak menggunakan kendaraan umum, maka kita bisa menaiki angkutan umum (angkot) jurusan Leuwi Panjang Bandung-Ciwidey, dan kemudian disambung dengan menaiki angkutan desa yang mengarah langsung ke Situ Patenggang.

Akses Menuju ke Tempat Wisata

Jika hendak berangkat dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka kita bisa menempuh rute dari arah Kopo, yang berlanjut ke arah Soreang, Ciwidey, dan akhirnya sampai ke Situ Patenggang. Selama perjalanan, kita disarankan untuk berhati-hati, terutama saat melintasi rute Ciwidey-Kawah Putih. Sebab, jalan di sekitar rute tersebut tergolong kecil dan berkelok-kelok menanjak yang cukup membahayakan. Selain itu, kita juga harus berhati dengan adanya bus-bus wisata yang berukuran besar dan seringkali dapat ditemukan saat akhir pecan tiba.

Setelah sampai di tempat wisata ini, kita mesti membayar tiket masuk sebesar 18 ribu rupiah. Terdapat tempat parker yang cukup mluas di sekitaran tempat wisata ini, sehingga para wisatawan yang membawa kendaraan pribadi bisa memarkirkan kendaraannya di sini. Jika hendak menginap dan berwisata dalam waktu yang lama, maka kita bisa menginap di vila yang letaknya persis di samping area Situ Patenggang. Vila tersebut merupakan vila yang dikelola oleh pihak Perhutani.

Keindahan Tempat Wisata dan Sejumlah Kegiatan Wisata yang Bisa Dilakukan

sumber: nativerindonesia.com

Saat pertama kali menginjakkan kaki ke tempat wisata ini, kita akan disodorkan keindahan alam dari wilayah danau ini. Jika hendak menyusuri perairan danau ini, maka kita bisa menyewa perahu-perahu yang biasa mangkal di bibir danau Situ Patenggang. Wilayah pinggir danau Situ Patenggang masih tergolong asri dan penuh dengan pepohonan hijau, sehingga kita bisa menghirup udara segar di pinggiran danau ini. Tak hanya itu, wilayah pinggiran danau yang luas membuat kita bisa menggelar tikar di sana untuk bersantap siang ria bersama dengan keluarga dan sanak saudara.

Mengunjungi Batu Cinta

Sumber: sharetempatwisata.com

Tak lengkap rasanya bila tak mengunjungi Batu Cinta saat mengunjungi Situ Patenggang. Batu Cinta sendiri terletak di pulau Sasaka yang letaknya ada di seberang danau Situ Patenggang. Menurut legenda yang ada di masyarakat, Batu Cinta tersebut merupakan tanda tempat bertemunya sepasang kekasih yang legendaris, yaitu Dewi Rengganis dan juga Ki Santang. Kisah asmara keudanya tersebut konon menjadi pemantik terbentuknya Situ Patenggang, di mana saat itu Dewi Rengganis meminta kekasihnya untuk membuat sebuah perahu dan juga danau. Perahu buatan Ki Santang tersebut kelak akan berubah bentuk menjadi Pulau Sasaka, dan danaunya kelak akan menjadi Situ Patenggang yang kita kenal saat ini.

Menurut mitos yang beredar, bila sepasang kekasih mengunjungi Pulau Sasaka dan Batu Cinta tersebut, maka hubungan cinta mereka akan bertahan lama.

Referensi:

https://travel.kompas.com/read/2015/05/01/181000927/Situ.Patenggang.dan.Cinta.Abadi

Wisata Ke Situ Patenggang Bandung? Simak Dulu Reviewnya Disini

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *