Berkemah dan Menikmati Keindahan Situ Gunung Sukabumi

Sumber: liburmulu.com

Hampir setiap daerah di Jawa Barat pasti selalu mengandung tempat wisata yang patut disambangi, termasuk Sukabumi. Di daerah yang terkenal akan mochi-nya ini, ada satu tempat wisata yang bisa kita kunjungi saat liburan nanti. Adapun tempat wisata itu adalah tempat wisata yang masuk ke dalam area wisata Taman Nasional Gede Pangrango, Sukabumi. Tempat wisata yang berada di ketinggian 850 mdpl ini sendiri patut dikunjungi karena mempunyai panorama alam yang indah, sekaligus udaranya yang segar.

Rute Menuju Tempat Wisata

Sumber: dakatour.com

Jika menyambangi tempat wisata ini dengan kereta api, maka kita bisa mengambil jalur rute Bogor, yang kemudian berlanjut ke Paledang dan berhenti di Stasiun Cisaat Sukabumi. Setelah sampai di stasiun itu, kita mesti melanjutkan perjalanan dengan menaiki angkutan umum yang jurusannya mengarah langsung ke area Situ Gunung.

Setelah sampai di Situ Gintung, kita akan disuruh untuk membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah perorang. Saat memasuki tempat wisata ini, kita akan langsung merasakan hembusan segarnya udara di area tempat wisata ini. Sesekali, suara cuitan burung yang terbang bebas bisa kita dengarkan di tempat wisata ini.

Di sekitaran tempat wisata yang berupa danau ini, terdapat hutan pinus yang pohonnya masih lebat dan hijau. Hutan pinus tersebutlah yang menjadi pemantik segarnya udara dan suasana yang kita rasakan saat berwisata di danau ini.

Sejumlah Kegiatan yang Dapat Dilakukan

Sumber: liburmulu.com

Tak Cuma memandangi keindahan tempat wisata ini, kita juga bisa melakukan sejumlah kegiatan wisata yang mengasyikan di sini. Jika menyukai kegiatan berkemah, maka tempat wisata ini sangat cocok untuk mereka yang suka berkemah. Tak perlu khawatir jika tidak sempat membawa tenda. Sebab, di sini terdapat beberapa tenda yang bisa disewa dengan tarif tertentu.

Selain berkemah, kita juga bisa mengelilingi danau ini dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh pihak pengelola. Setelah puas berkeliling, tak lengkap rasanya bila tidak mencoba air terjun Curug Sawer yang letaknya tidak jauh dari lokasi danau ini.

Beberapa Tips

Selama berwisata di danau ini, kita mesti mengikuti sejumlah tips. Pertama, kita disarankan untuk memakai jaket tebal. Sebab, selain sejuk, udara di danau ini juga tergolong tinggi, mengingat keberadaan danau ini yang berada di ketinggian.

Tips selanjutnya adalah selalu membawa jas hujan. Hal ini disebabkan wilayaah tempat wisata ini mempunyai curah hujan yang tinggi. Jika hendak berkemah di tempat wisata ini, maka disarankan untuk membawa perbekalan yang cukup, baik itu makanan ataupun minuman. Sebab, tempat wisata ini tidak terdapat warung atau took yang menjajakan makanan apalagi minuman.

Khusus untuk perempuan, disarankan untuk tidak memakai sepatu hak tinggi saat berwisata di danau ini. Hal itu disebabkan area daratan danau ini sangat tidak cocok untuk orang yang memakai sepatu hak tinggi.

Referensi:

Situ Gunung Sukabumi, Tempat Wisata yang Indahnya Kebangetan!

https://liburmulu.com/situ-gunung-wisata-sukabumi-untuk-pecinta-alam/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *