Situ Bolang, Danau Buatan dari Indramayu

Sumber: bloggermangga.com

Tak hanya Pulau Biawak dan Hutan Mangrove Karangsong, Indramayu juga mempunyai satu tempat wisata lainnya. Adapun tempat wisata tersebut adalah Situ Bolang. Situ Bolang sendiri beralamat di Desa Jatisura Kecamatan Cikedung, atau berada 20 km dari kota Indramayu. Tempat wisata ini berbentuk sebuah danau buatan yang luasnya sekitar 6, 25 hektar dan mampu menampung air hujan hingga sebesar 425.000 meter kubik.

Sejarah

Menurut sejarah yang bersumber dari masyarakat sekitar, danau Situ Bolang pada mulanya adalah sebuah daratan yang ditumbuhi oleh rerumputan hijau. Area sering kali disambangi oleh mereka yang mempunyai kerbau untuk menggembalakan kerbaunya di sana. Nam nahasnya, kerbau peliharaan mereka justru hilang tanpa sebab saat digembalakan di sana. Oleh sebab itulah, daerah tersebut tersebut dinamai dengan nama Situ Kebo Ilang yang disingkat Situ Bolang.

Suasana dan Fasailitas

Sumber: disparbud.jabarprov.go.id

Saat pertama kali menginjakkan kaki di tempat wisata ini, kita akan langsung merasakan suasana pedesaan yang begitu kental, di sini, kita bisa melihat hijaunya area pesawahan, berbagai area peternakan kambing, hingga pohon manga yang tumbuh hampir di tiap area danau.

Terdapat pula warung makan di sekitaran pinggir danau, sehingga kita bisa bersantap ria di pinggiran danau ini. Ada berbagai menu yang disajikan di warung-warung makan tersebut. Adapun beberapa menu yang direkomendasikan untuk dicoba adalah: ayam kampung bakar, pedesan entog, dan juga sambal kacang dengan manga mangkal (manga setengah matang). Tak perlu khawatir soal harga, karena makanan di warung-warung Situ Bolang amatlah terjangkau.

Memancing dan Kegiatan Wisata Lainnya

Setelah puas bersantap ria, kita bisa melakukan salah satu kegiatan wisata di sini, yaitu memancing. Danau Situ Bolang sendiri memang mempunyai beerbagai jenis ikan di dalamnya. Hal ini tentu akan sangat menarik bagi kita yang hendak memancing di area danau ini. Yang lebih menariknya lagi, kita tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun jika ingin memancing di danau ini.

Tak hanya memancing, kita juga bisa melakukan kegiatan wisata lainnya, yaitu berkemah. Tak perlu khawatir soal tempat. Sebab, area pinggiran danau Situ Bolang terbilang luas, sehingga kita bisa berkemah di sana.

Akses Menuju Tempat Wisata

SUmber: tosupedia.com

Area wisata ini tak terlalu sulit untuk dijangkau, terutama untuk yang mengambil rute jalan Pantura, baik itu Jalan Pantura yang ada di Desa Larangan ataupun dari Desa Cikedung. Jika mengambil jalur Desa Larangan, maka kita bisa melanjutkan perjalanan ke Desa Tugu, Desa Tunggul Payung, dan berakhir di Desa Jatisura yang merupakan lokasi di mana Situ Bolang berada.

Sementara itu, jika mengambol dari arah Desa Jangga, maka kita mesti melanjutkan perjalanan ke Desa Pegagan, Pasar Terisi, Desa CIkedung, Pasar Jambak, dan kemudian berakhir di desa Jatisura.

Referensi:

http://www.1001malam.com/surrounding/100/indramayu/situ-bolang.html

http://bandung.panduanwisata.id/lokawisata-situ-bolang/

http://poskotanews.com/2016/11/18/situ-bolang-tawarkan-keindahan-alam-wisata-sambil-mancing-ikan-gratis/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *