5 Rekomendasi Makanan Pedas Khas Bandung yang Patut Dicoba

Makanan pedas merupakan makanan yang disukai oleh banyak orang, termasuk orang Bandung. Hal ini bisa dilihat dari adanya sejumlah tempat makan atau warung yang menyajikan berbagai olahan dengan cita rasa pedas. Jika wisatawan yang baru ke Bandung hendak mencari makanan pedas khas kota ini, maka wisatawan bisa melihat beberapa daftar makanan pedas berikut ini!

1. Seblak

sumber: foody-id

Makanan pedas ini bisa dibilang menjadi salah satu makanan pedas yang populer di Bandung. Makanan ini terbuat dari kerupuk mentah berwarna jingga yang direndam dalam air hingga melunak. Setelah lunak, kerupuk itu pun lalu dimasak bersama sejumlah bumbu, topping, dan sambal.

Topping yang menemani seblak biasanya beragam, mulai dari ceker ayam, tulang, siomay, dan bahkan kwetiau. Makanan pedas ini dijual di hampir tiap sudut kota Bandung, mulai dari pedagang kaki lima, hingga di kedai-kedai.

 

 

 

2. Gehu Pedas

sumber: foody-id

Untuk yang belum tahu Gehu, Gehu adalah singkatan dari “Toge” dan “Tahu.” Atau, dalam bahasa Indonesianya, sering disebut dengan tahu isi.

Berbeda dengan tahu kebanyakan, gehu atau tahu isi ini ditambahi sejumlah bumbu cabai sebagai yang memberi rasa pedas di lidah. Ukurannya pun biasanya dua kali lebih besar dibaanding tahu goreng kebanyakan.

Harga makanan ini tergolong murah, yakni sebesar Rp.1000/buah. Makanan ini juga mudah ditemukan di pinggiran jalan kota Bandung, dan biasanya dijual oleh para pedagang kaki lima.

3. Kurupuk Anclom

sumber: liputan6-com

Makanan satu ini biasnaya disantap sebagai menu hidangan buka puasa. Makanan ini sendiri komposisinya terdiri atas kerupuk mi berwarna kuning yang dicampur dengan sejumlah bumbu khusus yang pedas rasanya.

Makanan ini disajikan dengan cara merendam kerupuk mi ke dalam air bumbu yang pedas rasanya. Kerupuk tersebut direndam hingga lembek. Setelah lembek, baulah kerupuk tersebut bisa disantap.

Proses pencelupan atau perendaman kerupuk mi tersebutlah yang membuat makanan ini dinamai dengan nama “Kurupuk Anclom”. Kata “kurupuk” sendiri bermakna kerupuk, sedangkan “anclom” bermakna celup ataupun rendam.

4. Cilok Goang

sumber: buatresep.blogspot-com

Makanan satu ini adalah varian dari salah satu makanan kahass Bandung, cilok. Berbeda dengan cilok pada umumnya, dilok ini disajikan dengan diberi kuah bening bercita rasa pedas.

Kuah tersebut dibuat dari rajikan sambal goang yang terkenal akan rasa pedasnya. Kuah goang inilah yang menjadi cikal bakal nama cilok goang.

5. Basreng

sumber: beautynesia-id

Rekomendasi makanan pedas khas Bandung yang terakhir adalah basreng. Makanan ini merupakan akronim dari bakso goreng.

Seperti namanya, makanan ini terbuat dari olahan bakso yang digoreng hingga kering. Bahkan, ada juga yang menggorengnya hingga benar-benar kering layaknya keripik.

BAkso yang digoreng tersebut lalu kemduian diberi bubuk cabai yang tentunya sangat pedas di lidah. Meskipun basreng bercita rasa pedas yang paling mahsyur, namun makanan satu ini juga punya rasa original yang dikhususkan untuk yang tidak suka pedas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *