Pulau Biawak Indramayu – Pulau di Utara Indramayu

Tak banyak yang mengetahui bahwa di sebelah uatara Jawa Barat–khususnya Indramayu–terdapat sebuah pulau kecil eksotis. Dikatakan demikian karena pulau ini mempunyai eksotismenya tersendiri. Pulau tersebut adlaah Pulau Biawak yang merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Biawak.

sumber: wisatabagus-net

Secara adminsitratif, pulau ini-beserta pulau-pulau di dekatnya–termasuk ke dalam wilayah KAbupaten Indramayu. Sebetulnya, pulau ini bernama asli Pulau Rakit. Namun, pihak pemerintah daerah menggantinya karena pulau ini dihuni banyak sekali biawak. Pulau ini juga sering disebut sebagai Pulau Menyawak atau Pulau Bompyis.

Keindahan di Pulau Sebelah Utara Indramayu

Untuk bisa menikmati keindahan pulau ini, kita harus menaiki perahu khusus yang bisa kita sewa. Saat hampir sampai di pulau ini, kita akan disambut oleh sebuah mercusuar yang menjulang tinggi. Mercusuar tersebut sudah ada di sana sejak zaman penjajahan Belanda berlangsung.

Seperti yang telah disebutkan di awal, bahwa pulau seluas 120 hektar ini merupakan pulau yang banyak biawaknya. Tak hanya biawak, pulau ini juga mempunyai hutan bakau yang hijau lagi rumbun.

sumber: kebiawakisland.wordpress-com

Terdapat pula pohon-pohon pinus yang bertumbuh di tengah-tengah pulau ini. Air di lautan pulau ini masih bening dan tenang. Di pinggiran pantainya, terdapat area khusus penangkaran ikan kerapu, rumput laut, dan biota lainnya.

Disarankan untuk datang ke pulau ini di waktu petang. Sebab, di waktu tersebut, kita bisa melihat para biawak di pulau ini berenang ke lautan guna mencari ikan.

Adapun ikan-ikan tersebut diburu sebagai santapan mereka. Tak hanya menonton biawak, di sini kita juga bisa melihat pemandangan matahari terbenam lewat lantai atas mercusuar pulau ini.

sumber: travel.akurat-co

Tips

Saat berwisata di pulau ini, kita harus memauhi sejumlah tips penting. Pertama, bawalah makanan dan minuman secukupnya, karena di sini minim dari warung.

Hal itu dikarenakan pulau ini sedikit sekali penghuninya dan alamnya pun masih perawan.

Kedua, bawalah selalu kamera beserta baterai cadangannya.

Hal ini penting dilakukan mengingat banyaknya keindahan di pulau ini. Keindahan-keindahan tersebut akan jauh lebih berkesan bila diabadikan dalam jepretan kamera.

Selanjutnya, kita harus mengisi perut kita terlebih dahulu sebelum ke pulau ini. Selain minim warung, perjalanan ke Pulau Biawak juga sulit karena di tengah perjalanan kita akan menemui ombak yang cukup besar.

Dengan makan terlebih dahulu, kemungkinan mabuk laut bisa kita minimalisir.

Tips lainnya adalah buang air terlebih dahulu. Selain warung, keberadaan kamar mandi pun juga sangat sedikit di pulau yang tergolong masih perawan tersebut.

Terakhir, selalu menjaga kebersihan dan keindahan pulau ini. Sebab, jika kita ingin pulau ini tetap bersih, maka dua hal tersebut patut untuk dilakukan.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *