Pantai Pangandaran – Pantai Indah di Tenggara Jawa Barat

sumber: info-pasar.com

Pantai menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Barat. Terdapat beberapa pantai yang tersebar di beberapa pelosok di Jawa Barat. Salah satu pantai tersebut adalah Pantai Pangandaran. Pantai yang berada di sebelah tenggara Jawa Barat ini merupakan ssalah satu pantai yang cukup dikenal di provinsi sebelah barat pulau Jawa ini. Lokasi detail dari pantai ini adalah di Desa Penanjung, Kapubaten Pangandaran, Jawa Barat.

Kabupaten Pangandaran sendiri dulunya dikenal sebagai kabupatennya para nelayan. Para nelayan di sini selalu pergi berlayar di pagi hari, dan pulang kala senja datang. Kegiatan nelayan tersebut kini masih tetap berjalan. Pantai tempat mereka melayarkan kapal pun kini menjadi pantai yang kita kenal saat ini, Pantai Pangandaran.

Selama berwisata di pantai ini,  kita akan menyaksikan pemandangan yang menakjubkan di hampir sudut pantai ini. Pantai Pangandaran sendiri terdiri atas dua bagian yang tiap bagiannya bisa kita nikmati keindahannya. Sisi atau bagian pertama ada di sebelah barat, dan bagian lainnya ada di sebelah timur.

Pesona Wilayah Barat

sumber: wisataprriangan.com

 

Di bagian barat, kita bisa menemui pantai yang indah dan dapat kita jadikan sebagai area berjemur serta berenang. Tak hanya pantai, di wilayah ini wisatawan juga bisa menyambangi sebuah bukit hutan. Bukit hutan tersebut tak lain adalah cagar alam Pantai Pangandaaran.

Di cagar alam tersebut, terdapat beberapa hewan yang dilindungi, seperti monyet, rusa, dan masih banyak lainnya. Terdapat pula gua alami dan buatan di sekitaran wilayah barat Pantai Pangandaran ini. Ada pula sebuah air terjun yang airnya mengarah langsung ke Pantai Pangandaran.

Pesona Wilayah Timur

sumber: bananaoatpangandaran.com

Berbeda dengan wilayah barat, wilayah timur bisa dikatakan sebagai area yang tepat untuk bermain air dan makan untuk para wisatawan. Hal ini dikarenakan wilayah tersebut mempunyai sejumlah sarana untuk bermain air dan menyantap hidangan lezat.

Di wilayah timur, wisatawan bisa memilih Banana Boat atau Jetski sebagai wahana permainan air yang ingin dijaljal. Dari segi kuliner, wilayah ini mempunyai warung yang menyajikan menu makanan laut  yang lezat. Terdapat pula sebuah pasar ikan di wilayah timur Pangandaran ini. Di pasar tersebut, kita bisa menawar dan membeli ikan-ikan yang kita inginkan.

Tradisi Khusus dan Tempat Membeli Buah Tangan

sumber: wisatapriangan.com

Jika kita datang ke Pangandaran di bulan Muharram, maka kita bisa menyaksikan salah satu tradisi yang dilakukan oleh warga sekitar pantai ini. Tradisi tersebut tak lain adalah Hajat Laut. Acara tersebut dilakukan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan atas oleh para nelayan dengan cara melepas sesajen ke lautan.

Tak lengkap rasanya jika tidak membawa buah tangan dari Pantai Pangandaran ini. Jika hendak membeli buah tangan, maka disarankan untuk membelinya di area penujal cinderamata yang ada di sekitaran pantai ini. Selain beberapa kerajinan, di area penjual cinderamata tersebut kita juga bisa membeli salah satu makanan kjhas Pantai Pangandaran, Jambal Roti.

Referensi:

travelpangandaran.com/keindahan-panorama-pantai-pangandaran

mytrip123.com/wisata-pantai-pangandaran-ciamis

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *