Memandangi Pesona Kawah Putih Talaga Bodas, Garut

Jawa Barat mempunyai sejumlah potensi wisatanya yang beragam. Aa yang berupa wisata alam seperti Gunung Pancar, Puncak; wisata cagar alam laiknya Kebun Raya Bogor; atau wisata air terjun laiknya Curug Cikaso Sukabumi.

sumber: pesonagarut-com

Masih ada satu tempat wisata lagi di Jawa Barat yang harus dikunjungi, yaitu Kawah Putih Talaga Bodas yang ada di Garut. Sesuai namanya, tempat wisata ini berupa sebuah kawah yang airnya berwarna putih dan merupakan kawah dari gunung Talaga Bodas yang ada di Garut, Jawa Barat.

Sseecara aadministratif, kawah ini masuk ke dalam wilayah Desa Sukamenak, Wanaraja, Garut. Kata TAlaga Bodas sendiri berarti “Telaga Putih” jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Pemberian nama tersebut terasa masuk akal bila melihat lokasinya yang berupa danau atau telaga yang berwarna keputihan.

Panorama Kawah Putih Talaga Bodas

Ssat pertama kali menginjakkan kaki di sini, kita akan disuguhkan pemandangan sebuah danau yang warnanya keputihan. Isi dari danau tersebut tak lain adalah air kawah belerang berwarna keputihan.

Danau tersebut sebelumnya diisi oleh kawah gunung Talaga Bodas. Namun, pelahan-lahan volume kawah gunung tersebut berkurang.

Gunung Sadahurip Sumber: multimedianotosell.blogspot-com

Meski berkurang, kawah di gunung ini masih aktif dan berpotensi menghasilkan letusan vulkanik. Namun tak perlu takut. Sebab, kawah gunung ini tidak mmemberi dampak vulkanik yang berbahaya walaupun statusnya masih aktif.

Selain menikmati hamparan danau yang putih dan terbentang luas, kita juga bisa melihat keindahan lain di tempat wisata ini. Di sini, kita bisa melihat panorama Gunung Sadahurip yang dipercaya sebagai piramida kuno yang ada di Garut.

Tempat Lain Selain Kawah Putih yang Bisa Dikunjungi

Selain menyajikan kawah putih yang memesona, di tempat wisata ini kita juga bsia mengunjungi tempat menarik lainnya. Tempat-tempat tersebut antara lain kolam rendam air panas dan Pancuran 7. Kolam rendam air panas di sini letaknya ada di sebelah kanan Kawah Putih Talaga Bodas.

kolam pemandian air panas Sumber: nativeindonesia-com

Kolam air panas di sini dibangun di tempat yang terbuka. Jarak tempuh menuju kolam air panas ini terhitung dekat, yaitu 200 meter. Jadi, kita tinggal berjalan kaki saja ke kolam renang tersebut, untuk menikmati air panasnya yang nyaman.

Tempat menarik lainnya yang bisa dikunjungi adalah Pancuran 7. Sama seperti temnpat sebelumnya, tempat ini juga merupakan sebuah pemandian air panas.

Tempat satu ini dipercaya warga dapat memberi keberkahan bagi siapa pun yang berendam di dalamnya. Untuk sampai ke tempat ini, kita harus menempuh perjalanan sepanjang 1 km dari arah kiri tempat parkir Kawah Putih Talaga Bodas.

Akomodasi

Bisa dibilang, akomodasi di tempat wisata ini cukup baik. Adapun beberapa akomodasi tersebut antara lain warung, toilet, dan juga tempat parkir yang luas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *