Jendela Alam Bandung Barat – Wisata Anak Di Dinginnya Lembang

sumber: tripadvisor.co.id

Selain Vihara Vipassana Graha dan De Ranch Bandung, Lembang masih menyimpan beberapa tempat wisata lainnya. Adapun salah satu di antaranya adalah Jendela Alam. Tempat wisata ini cocok untuk wisatawan yang telah mempunyai anak. Sebab, tempat wisata ini memang tempat wisata yang mengusung konsep edukasi bagi anak-anak.

Tempat wisata ini buka tiap hari mulai dari pukul sembilan pagi. Jika berkunjung di hari biasa, maka wisatawan harus merogoh kocek sebesar Rp. 15.000 untuk membeli tiket masuknya. Adapun jika berkunjung di akhir pekan atau hari libur, maka wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 20.000. Harga tiket masuk ini tidak termasuk dengan biaya wahana atau kegiatan wisata di Jendela Alam ini.

Kelompok Kegiatan Wisata di Jendela Alam

sumber: jejakpiknik.com

Selama di tempat wisata ini, wisatawan bersama sang anak akan menjalani sejumlah kegiatan wisata yang menyenangkan dan edukatif. Kegiatan wisata tersebut terbagi empat kelompok, yaitu: Jendela Edukasi; Jendela Permainan; Jendela Workshop; dan Jendela Seni.

Di kelompok Jendela Edukasi, anak-anak akan menjalani sejumlah kegiatan wisata yang berhubungan dengan alam. Kelompok kegiatan ini dimulai dari Tur Sahabat Alam yang dilakukan dengan cara mengelilingi area Jendela Alam. Sehabis itu, anak-anak akan diajak untuk berkebun dengan metode yang konvensional.

Setelah tahu caranya berkebun, anak-anak pun akan diajak untuk melakukan kegiatan menyenangkan lainnya, berburu harta karun. Puas bermain harta karun, anak-anak pun lalu akan belajar untuk memanen tomat dan juga telur.

Di Jendela Permainan, anak-anak akan menjajal berbagai wahana air dan wahana lainnya, seperti perang-perangan air, kolam renang Jendela Alam, berkuda, hingga flying fox. Sementara itu, di Jendela Workshop, anak-anak akan diajari seperti apa anatomi sebuah hewan, cara membuat pupuk kompos, proses penetasan telur, dan lain sebagainya.

Setelah puas bermain di Jendela Permainan dan blajar banyak hal di Jendela Workshop, maka ajaklah anak-anak wisatawan ke Jendela seni. Di kelompok ini, anak-anak akan belajar mengasah kemampuan seninya dengan menghias layangan dan tanah liat. Kedua kegiatan tersebut akan sangat berguna untuk menumbuhkan kreativitas dan sisi artistik dalam diri anak.

Pesona Sahabat Alam

Tak hanya kelompok kegiatan wisatanya yang menarik, Jendela Alam juga mempunyai sebuah perkebunan yang dinamai dengan Pesona Sahabat Alam. Kebun seluas 4 hektar ini letaknya berdampingan dengan Villa Istana Bunga yang tak jauh dari Jendela Alam.

Kebun ini sendiri berisi beberapa tanaman yang dibudidayakan secara khsus oleh para pengelola. Tanaman-tanaman adalah: palawija, stroberi, brokoli, dan lain sebagainya. Tak hanya tanaman, perkebunan ini juga mengembangbiakkan beberapa jenis hewan ternak, seperti kambing, kelinci, ayam, angsa, dan lain-lain.

sumber: iaas.or.id

Jika berkunjung ke kebun ini di musim panen, maka anak-anak bisa melihat bagaimana parav petani memanen tanaman-tanamannya di kebun ini.

Referensi:

jendela-alam.com

nativeindonesia.com

tempatwisatadibandung.info

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *