Hutan Mangrove Karangsong, Hutan Mangrove Terbesar Se-Indramayu

Sumber: indramayucity.wordpress.com

Sama seperti wilayah-wilayah lain di Jawa Barat, Indramayu juga mempunyai beberapa tempat wisata yang patut untuk disambangi. Salah satu di antaranya adalah Hutan Mangrove Karangsong. Tempat wisata ini merupakan sebuah hutan mangrove yang terletak di sebuah pantai yang bernama Pantai Karongsong.

Adapun Pantai Karangsong sendiri merupakan sebuah pantai yang beralamat di Desa Karongsong, Kecamatan Indramayo, Jawa Barat. Jika hendak menuju hutan mangrove tersebut, maka kita bisa menempuh dua cara. Pertama, dengan menyusuri jembatan kayu di sepanjang daratan pantai. Atau, menggunakan perahu kecil dan melintasi aliran sungai yang ada di sekitaran hutan.

Hutan Mangrove Terbesar Se-Indramayu

Sumber: jejakpiknik.com

Bisa dibilang jika Hutan Mangrove Karongsong merupakan hutan mangrove terbesar se-Indramayu. Mulanya, hutan ini dibuat guna melindungi Pantai Karongsong agar tidak terjadi abrasi akibat hantaman ombak laut. Namun, karena keindahannya, hutan mangrove ini pun menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi kala ke Indramayu.

Untuk bisa memasuki hutan ini, kita mesti membayar sejumlah retribusi berdasarkan kendaraan yang kita kendarai saat menuju ke sana. Adapun daftar harga-harga tersebut antara lain: 10 ribu rupiah untuk mobil, dan 5 ribu rupiah untuk yang datang dengan menaiki sepeda motor. Jika kita menaiki perahu saat menuju hutan mangrove, maka kita mesti membayar retribusi sebesar 10 ribu rupiah.

Sejumlah Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Beberapa aktivitas wisata bisa kita lakukan di sini. Adapun aktivitas pertama yang bisa kita lakukan adalah ber-jogging ria di area jogging track yang ada di sekitaran hutan mangrove. Hutan mangrove ini memang mempunyai area jogging track seluas 750 meter yang di sekitarannya terdapat hutan bakau yang rindang. Tak hanya hutan bakau, di sekitar area jogging tersebut juga ada beberapa jenis tumbuh-tumbuhan, seperti Avicena spp, Rhizophora sp, dan masih banyak yang lainnya.

Aktivitas lain yang bisa kita lakukan di Hutan Mangrove Karangsong lainnya adalah memancing. Di hutan ini memang terdapat sebuah area yang khusus diperuntukkan bagi para wisatawan yang hendak memancing.

Aktivitas terakhir yang bisa dilakukan di hutan mangrove ini adalah melihat area hutan mangrove dari ketinggian. Untuk melakukan kegiatan ini, kita tinggal perlu menaiki sebuah menara yang berdiri di sekitaran area tempat wisata ini.

Buka Setiap Hari

Sumber: kompasiana.com

Tempat wisata ini tergolong tempat yang terbuka untuk umum dan buka setiap hari, mulai dari pukul 9 pagi hingga pukul 6 sore. Adapun rute perjalanan yang ditempuh untuk sampai di hutan ini adalah dengan mengarahkan kendaraan terlebih dahulu ke wilayah bunderan Kijang Indramayu. Seteah sampai di area tersebut, maka pilihlah arah utara ke Desa Karangsong dan ikutilah jalan hingga mencapai sebuah gapura bertuliskan “Selamat Datang di Wisata Pantai Song Indah Desa Karangsong.” Setelah sampai, barulah kita langsung menyambangi Hutan Mangrove Karangsong, baik dengan perahu atau berjalan kaki di jembatan yang tersedia.

Referensi:

https://zonalibur.com/hutan-mangrove-di-pantai-karangsong-indramayu/

https://www.sumber.com/component/k2/sumber/hutan-mangrove-karangsong.html

https://penginapan.net/fasilitas-dan-tiket-masuk-hutan-mangrove-karangsong-indramayu/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *