Berwisata Alam di Gunung Pancar, Puncak

Wisata alam merupakan salah satu jenis wisata yang ada di Jawa Barat. Hampir di tiap sudut daeerahnya pasti ada wisata alamnya. Salah satu di antaranya adalah Gunung Pancar. Gunung yang terletak di daerah Puncak ini menawarkan suasana sejuk a la pegunungan di Indonesia.

sumber: brobali.com

Kesejukan tersebut bisa terasa sejak menjejakkan kaki di hutan pinus gunung ini. Selain sejuk, udara di hutan pinus gunung ini juga masih sangat segar. Selain sebagai tempat wisata, hutan pinus tersebut juga sering dipakai oleh calon pasangan pengantin untuk melakukan sesi foto prewedding. Hal itu tergolong wajar karena pemandangan hutan ini begitu indah dan cocok dipakai pada momen-momen romantis seperti foto prewedding.

Aktivitas-Aktivitas Seru di Gunung Pancar

Tak hanya memandangi pohon pinus semata, di gunung ini kita juga bisa menikmati sejumlah aktivitas wisata yang seru. Salah satu kegiatan seru tersebut adalah berkemah. DI sini, kita bisa memilih berbagai jenis format berkemah, mulai kemah perorangan, one day package, dan juga fun day outbond. 

sumber: tribunnews.com

Selain itu, kita juga diberi pilihan untuk berkemah di beberapa area tertentu gunung ini. Ada kegiatan berkemah di Lembah Pakis, Hutan Pinus, dan bahkan di Bukit Batu Gajah. Semua itu bisa dipilih sesuai keinginan dan juga biaya yang dipunya.

Jika kita ingin berkemah namun enggan menyiapkan tendanya, maka kita bisa memilih kegiatan glamping. Kegiatan ini percis seperti berkemah, hanya saja tenda dan sejumlah fasilitas lainnya tidak dibuat atau dibawa oleh kita sendiri. Semuafasilitas tersebut dibangun dan disediakan oleh pihak pengelola. Jadi, kita tak perlu repot-repot membanungn tenda dan memasak, serta kita pun jadi lebih fokus untuk beristirahat.

Jika enggan berkemah, maka kita bisa melakukan kegiatan seru lainnya. Adapun kegiatan tersebut antara lain: bersepeda dan juga hiking. Dua aktivitas seru ini dilakukan di sekitaran Gunung Pancar ini. Jadim kita bisa berseoeda berkeliling gunung in atau menyusuri kawasan sekitar gunung dengan berjalan kaki/hiking. Kedua aktivitas itu bisa dipilih salah satu sesuai dengan kemampuan.

Flora, Fauna, dan Sejumlah Fasilitas

Selain hutan pohon pinus, gunung ini juga menyiimpan jenis-jenis flora lainnya. Adapun flora-flora tersebut antara lain: rasamala, puspa, rotan, jamuju, dan saminten. Jika kita tengah beruntung, maka kita bisa melihat berbagai fauna yang tersembunyi di kaki gunung ini. Fauna-fauna tersebut di antaranya: kera, ayam hutan, elang, dan juga babi hutan.

sumber: travel.kompas.com

Fasilitas di gunung ini juga terhitung lengkap. Selain tenda, masih ada beberapa fasilitas lainnya yang bisa dipakai. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain: aulat dan juga toilet. Meski daerah pegunungan, tempat wisata ini juga menyediakan listrik yang bisa dipakai oleh wisatawan. Tak cuma itu, tempat pemandian air panas pun juga terdapat di gunung yang berada di Puncak tersebut.

Referensi:

hipwee.com

brobal.com

gunungpancar.co.id

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *