Gunung Padang Cianjur – Gunung Bersejarah Penanda Peradaban

Sumber: cikasur com

Selain dikenal sebagai Kota Santri, Cianjur juga terkenal akan sejumlah tempat wisatanya, mulai dari wisata alam hingga wisata buatannya. Banyak di antaranya malah sudah menjadi primadona baru bagi para wisatawan. Gunung Padang adalah salah satunya. Wisata alam berupa gunung ini menjadi primadona karena kandungan sejarah dan sejumlah fakta yang ada dibaliknya. Lantas, apa sejarah dan fakta dibalik gunung satu ini? Berikut ulasan lengkapnya!

Sejarah Gunung Padang

Sumber: 123r com

Gunung yang berlokasi perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan ini pertama kali ditemukan pada 2013 lalu. Gunung setinggi 885 Mdpl ini dianggap sebagai bagian dari Kompleks Kebudayaan Megalitikum yang amat besar. Menurut para arkeolog, gunung ini diperkirakan sebagai situs peradaban terluas yang pernah ada di dunia.

Banyak yang mengira bahwa gunung ini sudah berusai ribuan tahun. Namun, setelah diteliti dan diuji oleh para peneliti, gunung ini ternyata berusia lebih dari 11 ribu tahun. Hal tersebut menjadikan gunung ini sebagai situs bersejarah tertua di dunia, melampaui piramida giza yang ada di Mesir.

Semenjak gunung ini ditemukan, persepsi masyarakat dan para peneliti pun pelahan mulai berubah. Jika dahulu mereka mengira bahwa Bangsa Mesopotamia di Mesir sebagai peradaban manusia pertama di dunia, kini mereka mulai memperkirakan baha peradaban pertama manusia justru dari suatu bangsa yang hidup di Indonesia.

Sampai saat ini, belum diketahui bangsa apa yang pernah hidup di gunung ini. Hingga kini, para peneliti masih meneliti gunung yang luasanya mencapai 150 hektar ini.

Sejumlah Fakta Menarik Dibalik Gunung Padang

Sumber: nikyu blogspot com

Selain dianggap sebagai situs bersejarah, gunung ini ternyata mempunyai sejumlah fakta yang terkandung di dalamnya. Salah satu fakta yang paling menonjol dari gunung ini adalah adanya fakta ‘serba lima’ yang terkandung di dalam gunung ini. Beberapa fakta ‘serba lima’ ini adalah:

  1. Lima Sungai: gunung ini diapit oleh lima sungai yang terdiri atas: Sungai Cikutra, Cipanggulan, Ciwangun, Pasir Malang, dan Cimanggu. Kelimanya mengalir di sepanjang kaki Gunung Padang Cianjur.
  2. Lima Teras: selain sungai, gunung ini juga mempunyai lima teras yang berjajar mulai dari teras paling bawah, hingga ke yang paling atas. Kelima teras tersebut juga dilengkapi anak tangga kecil yang menghubungkan satu teras dengan teras lainnya.
  3. Lima Bukit: tak hanya sungai, bukit pun juga ada di sekitar gunung ini. Jumlahnya pun juga tak tanggu: lima buah! Adapun bukit-bukit tersebut antara lain: Bukit Karuhunh, Pasir Emped, Pasir Malati, Pasir Malang, dan juga Pasir Batu.

Itulah beberapa informasi mengenai sejarah dan fakta Gunung Padang Cianjur. Sebetulnya, masih ada fakta-fakta lainnya mengenai gunung bersejarah ini. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi gunung ini suatu saat nanti?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *