Dusun Bambu Family Park

Bandung adalah salah satu daerah yang memiliki banyak tempat wisata yang indah, kreatif, dan menarik wisatawan untuk penasaran, kemudian datang, pulang, lalu datang kembali. Destinasi wisata di Bandung tidak hanya berada di kawasan Kota Bandung saja, namun banyak pula yang terdapat di Kabupaten Bandung.

Kreativitas warga Bandung memang perlu diacungi jempol. Salah satunya adalah menyulap lahan luas bekas peternakan dan ladang milik masyarakat di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat menjadi sebuah kawasan ekowisata Dusun Bambu Family Park.

Tempat wisata ini dinamakan Dusun Bambu karena akan dijadikan kawasan konservasi bambu. Salah satu destinasi wisata yang terletak di daerah Lembang ini berada di kaki Gunung Burangrang. Tak heran jika pemandangan di Dusun Bambu akan membuatmu terpana dengan karya Tuhan yang sangat indah.

dusun bambu

Untuk memasuki wilayah Dusun Bambu, kamu hanya merogoh kocek sebesar Rp 15.000 per orang. Satu tiket dapat ditukarkan dengan sebotol air mineral, sedangkan dua tiket dapat ditukar dengan bibit pohon. Selain itu, biaya tiket juga sudah termasuk fasilitas mobil pengantar yang akan membawamu menuju berbagai spot yang ada di Dusun Bambu.

Jika kamu masuk dengan menggunakan kendaraan, terdapat pula biaya parkir. Biaya parkir untuk mobil adalah Rp 15.000, parkir motor sebesar Rp 10.000 dan parkis bus maupun minibus seharga Rp 25.000.

Harga yang sebanding dengan apa yang akan kamu nikmati di dusun ini, bukan? Dusun Bambu dibuka setiap hari dari pukul 08.00 hingga pukul 21.00. Nah, sebelum mengunjungi Dusun Bambu, ada baiknya kamu mengetahui hal apa saja yang ada di dalamnya. Dengan begitu, kamu akan lebih penasaran untuk merasakan sensasi berada di sana. So, check this out, guys !

Restoran Purbasari

Purbasari adalah sebuah restoran yang menonjolkan budaya Sunda, mulai dari desain tempat hingga menu makanan. Di sini, kamu akan menjumpai saung-saung khas Sunda yang mengelilingi danau buatan.

Makan dan bercengkrama bersama keluarga sambil melihat pemandangan danau ini akan menghangatkan suasana. Sebelum makan di sini, sebaiknya kamu melakukan reservasi terlebih dahulu agar kebagian tempat.

Jumlah minimal pengunjung dalam satu saung adalah 6 orang, sedangkan jumlah maksimal adalah 12 orang. Untuk kenyamanan semua pengunjung, maka batas waktu mendiami saung ini adalah 2 jam hingga 3 jam.

Menu di restoran ini juga dipenuhi dengan makanan khas Sunda yang lezat dan porsi yang mengenyangkan. Beberapa menu makanan dan minuman andalan di Purbasari adalah nasi liwet kastrol, nasi kadeudeuh, tahu garam pedas, tumis asin sepat, sangkuriang kabeurangan, nyai purbasari katisan, dan wedang secang. Harga makanan di sini berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 120.000, sedangkan harga minuman berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 30.000.

Burangrang Cafe& Resto

Jika kamu ingin merasakan sensasi makan sambil menikmati ketinggian, maka Burangrang adalah salah satu tempat yang cocok. Burangrang Cafe & Resto memiliki desain yang kekinian dan elegan. Bangunan dan berbagai pernak-perniknya terbuat dari bambu. Kamu juga dapat melihat pemandangan danau dan pegunungan di sini.

Tidak hanya itu, suasana kafe & resto ini di malam hari sangat romantis. Oleh karena itu, Burangrang sangat direkomendasikan untuk masuk ke dalam listdestinasi kencan bersama pasangan.

Burangrang Cafe & Resto menyediakan menu makanan dan minuman yang variatif. Beberapa di antaranya adalah udang goreng gulung, aneka kentang, tahu garam pedas, mie pangsit, sate, dan berbagai kuliner dalam negeri hingga luar negeri lainnya. Kisaran harga makanan di sini ialah Rp 20.000 hingga Rp 60.000. Sangat terjangkau, bukan?

Lutung Kasarung Resto

Makan di dalam sarang burung raksasa mungkin hanya sekedar mimpi dan tidak pernah terpikirkan akan terwujud. Namun, kreativitas pengusaha Dusun Bambu mampu membuat mimpi itu tercapai. Restoran berkonsep unik sangat cocok dijadikan tempat untuk berfoto ria.

Lutung Kasarung Resto berada di ketinggian sehingga perlu menaiki tangga dan melintasi jembatan untuk mengaksesnya. Meski harus agak lelah berjalan, rasa tersebut akan terbayar dengan keindahan restoran ini, pemandangan alam di sekitarnya serta makanan-makanan yang lezat dan terjangkau.

Menu makanan di Lutung Kasarung sangat beragam, misalnya soto ayam, nasi timbal, pepes ikan, sate ayam, pempek palembang, dan lain-lain. Minumannya juga sangat egar, di antaranya es kelapa muda, es jeruk, dan berbagai jus aneka buah. Ada juga kue tradisional untuk cuci mulut. Untuk makan di sini, minimal pembayaran adalah sekitar Rp 100.000.

Taman Arimbi

Di Dusun Bambu, terdapat taman indah yang mengelilingi kawasan ini. Taman Arimbi dipenuhi bunga-bunga berjenis daisy. Mata kamu akan dibuat terpana dengan warna-warni artistik bunga-bunga tersebut. Di sini, kamu dapat duduk santai bersama keluarga sambil berbincang dengan pemandangan yang menakjubkan. Selain itu, tentunya spot ini sangat cocok sebagai latar belakang foto bersama orang-orang terkasih.

Pasar Khatulistiwa

Adanya Dusun Bambu sangat membantu perekonomian warga sekitar. Salah satu buktinya ialah hasil tani , jajanan, dan karya seni dari warga Burangrang dijual di Pasar Khatulistiwa.

Kamu tidak hanya dapat bersantai di sini. Namun, kamu dapat pula membeli aneka sayuran dan buah-buahan segar dari para petani. Hasil tani tersebut bebas pestisida berlebihan.

Jadi, tentunya aman untuk dikonsumsi. Selain buah dan sayur, terdapat pula kerajinan cinderamata dan jajanan khas Sunda di pasar ini. Barang-barang di Pasar Khatulistiwa patut kamu beli sebagai oleh-oleh untuk orang-orang tercinta.

Meski disebut pasar, tempat berjual beli ini tidak seperti pasar tradisional pada umumnya yang terkesan tidak teratur dan becek. Pasar khatulistiwa didesain dengan sangat baik sehingga memiliki tampilan yang modern namun tetap memiliki kesan visualisasi tradisional dari kayu dan bambunya.

Kampung Layung

Ingin berada di Dusun bambu lebih dari sehari? Tenanglah dan berbahagialah. Dusun Bambu telah menyediakan cottage yang disebut Kampung Layung. Desain ala rumah tradisional sunda zaman dulu menghiasi cottage ini dari luar. Hal itu tampak dari penggunaan material bambu dan kayu di bangunan tersebut. Namun, kamu akan terkejut dengan tampilan bagian dalam cottage yang modern dan mewah.

Inilah yang membuat Kampung Layung sangat unik. Tidak hanya desain yang keren, terdapat pula fasilitas yang akan melengkapi kenyamanan kamu di sini, yakni 1 orang pelayan pribadi, free wifi, TV satelit dengan sound system yang menggelegar, kamar mandi dengan shower air panas, perlengkapan dapur, dan perlengkapan membakar barbeque di halaman belakang cottage ini.

Jadi, segera manjakan dirimu di Kampung Layung. Tempat ini sangat cocok untuk orang-orang yang mendiami perkotaan dan ingin lebih lama merasakan tinggal di pedesaan yang modern.

Itulah tadi beberapa spot menarik yang ada di Dusun Bambu Family Park. Ada banyak sekali keseruan dan pelajaran berharga yang akan kamu dapatkan saat mengunjunginya. Jadi, segeralah berlibur ke sana.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *