Berkuda Ria di De Ranch, Bandung

sumber: djavavista.co.id

Provinsi Jawa Barat–khususnya Lembang–selalu menyajikan berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata alamnya yang indah, sampai wisata buatannya yang patut untuk dijajal.

Salah satu tempat wisata yang patut disambangi di Lembang adalah The Ranch. Tempat wisata ini dibangun dengan konsep koboi dan peternakan yang ramah keluarga. Pada mulanya, tempat wisata ini hanyalah sebuah peternakan kuda tunggang da juga sapi perah.

Melihat lokasinya yang cukup strategis, peternakan itu pun kemudian dirombak menjadi tempat wisata berkonsep wisata kuda a la koboi. Pada tahun 2007, tempat wisata ini pun resmi dibuka dengan ‘food, leisure, and knowledge’ sebagai motto utamanya.

Menunggang Kuda di De Ranch

sumber: tripadvisor.co.id

Karena berkonsep koboy, maka andalan tempat wisata ini tentu saja adalah wisata berkudanya. Kuda di De Ranch sendiri diperkirakan berjumlah sebanyak 20 ekor. Adapun jika ingin berkuda di sini, maka kita bisa memilih beberapa aktivitas berkuda di sini, seperti Joy Ride, Poni Rides, dan juga Ridding Out.

Joy Ride merupakan kegiatan berkuda yang dilakukan dengan cara memakai pakaian a la koboy dan berkuda mengelilingi area sekitar De Ranch. Tak perlu takut terjatuh dari kuda. Sebab, kita akan dibimbing oleh pemandu selama berkuda.

Sementara itu, Poni Rides merupakan kegiatan berkuda yang menjadikan kuda poni sebagai kudanya. Kegiatan berkuda ini hanya boleh dilakukan oleh anak usia 5 tahun ke bawah, dengan tinggi badan 90 cm dan berat badan maksimal sebesar 30 kg.

Kegiatan Poni Rides sendiri dilakukan di trek khusus untuk kuda poni yang berjarak sekitar 400 meter dan juga beratap. Trek ini sangat aman bagi anak-anak, terutama saat mereka berkuda di kala hujan. Di kegiatan berkuda ini, pihak orangtua diperbolehkan oleh pihak pengelola untuk menuntun dan menemani anaknya yang tengah berkuda poni.

Berbeda degan kegiatan berkuda lainnya, Ridding Out adalah kegiatan berkuda yang tidak di dalam area De Ranch. Adapun area yang dilewati sat mengambil kegiatan berkuda ini adalah daerah jalan setapak, dan pedesaan Lembang yang tak jauh dari De Ranch. Kegiatan berkuda ini sangat direkomendasikan bagi yang belum berpengalaman, serta ingin melihat suasana pedesaan di daerah Lembang.

Wahana dan Fasilitas Pelatihan Keterampilan Khusus di De Ranch

sumber: anekatempatwisata.com

Seperti halnya tempat wisata lainnya, De Ranch juga punya sejumlah wahana pendukung di dalamnya.  Tak hanya itu saja, De Rnch juga menawarkan fasilitas berupa pelatihan khsuus yang bisa diambil sesuai dengan minat wisatwan. Beberapa wahana yang bisa disambangi wisatawan di De Ranch antara lain: Kolam Indian Totem, Bola Air, Flying Fox, Kuda Ayun, dan Mancing Balita.

Sementara itu, pelatihan-pelatihan keterampilan yang bisa diambil wisatawan di De Ranch antara lain: Ridding Lesson (pelatihan menunggang kuda), Cook n’ Cookies (pelatihan membuat kue). dan Mewarnai Keramik Besar.

Referensi:

deranchlembang.com

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *