Menikmati Air Terjun di Curug Cikaso Sukabumi

sumber: asyiknyangetrip.blogspot.com

Wisata air terjun merupakan salah satu jenis objek wisata yang jadi favorit wisatawan. Jenis wisata ini banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia, tak terkecuali di Jawa Barat. Salah satu tempat wisata air terjun tersebut adalah Curug Cikaso. Curug atau air terjun ini sendiri terletak di daerah Sukabumi, tepatnya di Kampung Ciniti.

Air terjun ini sendiri terbagi lagi menjadi tiga titik air terjun. Tiga titik tersebut antara lain Curug Asepan, Curug Meong, dan Curug Aki. Dua di antara curug tersebut adalah curug yang bisa diakses. Sementara itu, satu lainnya sukar sekali diakses wisatawan.

Ketiga air terjun ini tingginya mencapai 80 meter dan lebar tebingnya sebesar 100 meter. Di ketiga air terjun tersebut, terdapat sebuah kolam yang berarna hijau kebiru-biruan dan airnya bermuara hingga Muara Tegal Buleud, Sukabumi.

Pesona Curug Cikaso

sumber: oknusantara.com

Ketiga titik air terjun di Curug Cikaso tersebut memberi pesona tersendiri bagi tempat wisata ini. Apalagi, tingginya yang menjulang hingga mencapai 80 meter yang membuat air terjun ini terlihat begitu gagah. DI sini, kita bisa melihat sejumlah volume air jatuh dari ketinggian menuju ke bawah. Suara deru dari volume air tersebut juga akan menambah pesona dan keindahan tersendiri di curug ini.

Kolam yang menampung air dari curug ini terbilang masih jernih. Oleh karenanya, kita bisa bermain air di kolam tersebut. Namun, disarankan untuk berhati-hati, karena kolam ini dalamnya mencapai 22 meter. Keindahan-keindahan air terjun tersebut disarankan jangan hanya disimak belaka. Namun, mesti juga diabadikan dalam jepretan kamera. Oleh karenanya, kita disarankan untuk membawa kamera sendiri untuk berfoto di sekitaran curug tersebut.

Untk bisa sampai di tempat wisata ini, kita bisa menempuh dua jalan. Pertama, dengan berjalan kaki menapaki jalan setapak sepanjang 1 km. Dan yang kedua, dengan menaiki perahu dari salah satu sungai yang menuju curug ini. Bila kita mengambil cara kedua, maka kita harus membayar sebesar Rp. 70.000 untuk menyewa perauhunya. Perahu yang disewa tersebut cukup memuat sepuluh orang penumpang.

sumber: cumilebay.com

Tak perlu takut kelaparan saat berwisata di curug ini. Sebab, di sini telah tersedia warung yang menyediakan berbagai jenis masakan yang enak. Tak hanya warung, di sini juga terdapat toko cinderamata yang menyediakan oleh-oleh khas tempat wisata ini.

Tips

Terdapat sejumlah tips yang bisa dipakai saat berwisata di temat wisata ini. Pertama, kita disarankan tidak berdandan terlalu berlebihan. Sebab, nantinya kita akan menempuh perjalanan jauh nan melelahkan yang bisa merusak dandanan kita. Dan yang terakhir, disarankan untuk datang di waktu pagi hari tiba. Sebab, di waktu tersebut, tempat wisata ini pemandangannya akan jauh lebih indah dilihat oleh mata.

Referensi:

tempatwisataseru.com

tempatwisatamu.com

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *