Cukang Taneh Alias Green Canyon, Kembaran dari Grand Canyon di AS

sumber: id.wikipedia.org

Bagi kita, nama Cukang Taneuh pasti begitu asing di telinga. Namun, saat mendengar Green Canyon, maka kita pasti langsung mengenali nama tersebut. Padahal, jika ditelusuri lebih lanjut, maka kita akan mengetahui bahwa ternyata Cukang Taneuh adalah nama lain dari Green Canyon yang terkenal itu.

Asal Mula

Nama Cukang Taneuh sendiri diberikan oleh warga sekitar untuk tempat wisata yang berada di 45 km dari arah Pantai Pangandaran. Adapun makna dari nama tersebut adalah jembatan tanah yang merujuk pada bentuk tempat wisata ini.

Di lain pihak, nama Green Canyon tercetus dari seorang warga Prancis yang menyambangi tempat ini pada tahun 1993 yang lalu. Nama tersebut merupakan plesetan dari nama Grand Canyon yang merupakan sebuah tempat wisata di wilayah Colorado. AS. Kesamaan bentuk antara Cukang Taneuh dan Grand Canyon lah yang membuat tempat wisata ini dinamai demikian.

Cukang Taneuh sendiri merupakan sebuah ngarai yang terbentuk dari hasil erosi sungai Cijulang yang terbentuk selama jutaan tahun lamanya. Terdapat sebuah goa di ngarai ini, yang dipenuhi pemandangan stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan untuk dilihat. Terdapat pula beberapa air terjun di sekitaran area ngarai yang berada di wilayah Ciamis ini.

Melakukan Berbagai Kegiatan Seru

Di sini, kita bisa melakukan berbagai kegiatan wisata yang menarik. Kegiatan pertama yang bisa kita lakukan adalah berenang. Tak perlu khawatir jika kita tidak bisa berenang sama sekali. Sebab, di tempat wisata ini tersedia beberapa pelampung yang bisa disewa oleh para wisatawan.

Kegiatan lainnya yang bisa kita lakukan adalah menyusuri aliran sungai Cijulang yang membentang di sepanjang area Green Canyon. Aliran sungai tersebut bisa kita susuri dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh pihak pengelola. Di sepanjang sungai tersebut, kita akan menemukan beberapa bebatuan besar yang bisa kita naiki. Jika ingin menaiki batu-batu tersebut, kita tinggal meminta pemandu untuk menghentikan laju perahu sejenak dan berhenti di samping batu besar tersebut.

Body Raffting, Sumber: majalahkartini.co.id

Satu kegiatan lain yang bisa kita lakukan di Green Canyon adalah melakukan kegiatan body rafting. Body rafting sendiri merupakan kegiatan menyusuri jeram dan riam sungai Cijulang dengan cara merenangi sungai Cijulang tersebut. Tak perlu takut soal alat pengaman apa yang dipakai. Sebab, di sini kita akan diberi pelindung kepala dan pelampung sebagai pelindung diri kita agar tidak mengalami luka akibat benturan saat ber-body rafting.

Datanglah Saat Kemarau Tiba

Sumber: mollyta.com

Jika ingin menyambangi tempat wisata ini, maka kita disarankan untuk datang di musim kemarau. Hal ini dikarenakan kita bisa melihat indahnya sungai Cijulang yang berwarna hijau toska. Hal ini berbeda jika kita datang di musim penghujan. Sebab, di musim tersebut, kita akan melihat sungai Cijulang yang berwarna kecoklatan, persis seperti sebuah sungai yang kotor.

Referensi:

Cukang Taneuh. Objek Wisata Andalan Pangandaran Yang Menggoda Iman

https://www.gogreencanyon.com/2014/09/green-canyon-cukang-taneuh.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *