Bandung – Gudangnya Industri Kreatif Digital

Bandung, sebuah kota yang memiliki julukan Kota Kembang. Di kota ini banyak sekali seniman-seniman kreatif yang menyumbangkan kecerdasan dan gagasan mereka untuk perkembangan kota Bandung.

Di dukung dengan suasana kotanya yang tidak terlalu ramai seperti ibu kota Jakarta, maka hal tersebut dapat mengurangi tingkat stress warga Bandung. Kondisi alam yang sejuk juga semakin mendukung para seniman dan pelaku bisnis di Kota Bandung untuk memunculkan ide-ide segar yang unik.

Bandung memang sejak dulu di kenal dengan Kota yang memiliki banyak seniman. Sehingga hal tersebut memiliki dampak positif bagi perkembangan peradaban Kota Bandung. Banyak sekali ide-ide bisnis unik yang muncul dari Kota Bandung. Salah satunya adalah Bisnis di Bidang industry kreatif digital.

Beberapa tahun belakangan ini, industry kreatif digital memang sedang naik-naiknya di Indonesia. Tak sedikit perusahaan strat up baru yang lahir di Indonesia bel;akangan ini. Bandung menjadi salah satu kota yang memiliki pengusaha di bidang start up yang terbilang tidak sedikit.

Banyak sekali perusahaan start up yang lahir dari kota ini. Muali dari start up di Bidang game hingga, Bidang Kuliner, Hingga Fashion sudah banyak yang telah berbasis gadget dan smartphone.

Hal tersebut sangat sejalan dengan karakter masyarakat Indonesia saat ini. Dimana masyarakat kita sedang menggemari berbagailayanan instan yang tersedia melalui Handphone mereka.

Karena memang dengan melalui Handphone sedikit banyak dapat mengurangi jam-jam yang digunakan untuk berbelanja atau berkegiatan diluar pekerjaan.

Di kota bandung sendiri, banyak pengusaha digital yang lahir dari kota tersebut. Sebut saja perusahaan studio game di Bandung yang saat ini telah memiliki karyawan terbanyak. Yaitu Agate Studio. Perusahaan studio game ini dapat dibilang menjadi pelopornya studio game di Bandung.

Karena peminatnya yang semakin banyak, maka perusahaan sudio game ini semakin hari semakin berkembang dan memiliki jumlah karyawan yang cukup banyak. Yaitu sekir 80 orang karyawan.

Selain di Dunia sart up game, industry-industri di bidang usaha lain juga telah merambah dunia digital. Industry kuliner dan juga fashion yang dahulunya hanya berjualan biasa dengan metode konvensional, atau lebih cenderung tradisional, kini telah mengenal dunia digital.

Misalnya saja para produsen pakaian, sepatu, dan tas di Bandung, meskipun masin ‘membonceng’ di e-commerce maupun marketplace, setidaknya para pelaku usaha tersebut telah melek teknologi danmau mengikuti perkembangan jaman yang ada.

Melalui e-commerce dan marketplace tersebut, maka promosi yang dilakukan tidak hanya terbatas pada orang sekitar saja. namun promosi yang dilakukan dapat menjangkau ke daerah yang lebih jauh.

Selain itu, untuk mendukung para pelaku industry kreatif digital Kota Bandung diciptakanlah sebuah wadah yangdapat digunakan sebagai ajangmencari ilmu perusahaan-perusahaan start up di Kota Bandung.  Banyak sekali perusahaanstart up yang terdaftar di Bandung Digital Valley.

Bandung-Digital-Valley

Dari Wadah yangdi Bentuk oleh Telkom inilah, para pengusaha start up di Bandung belajar mengembangkan produk yang telah diciptakan. Dari tempat ini para pelaku usaha akan belajar banyak dengan dunia Teknologi Informasi. Sehingga produk-produk yang dimiliki nantinya akan dengan mudah berkembang dan dierima baik oleh masyarakat.

Dengan dukungan dari Pemerintah dan juga kreatifitas dari pengusaha dan seniman lokal setempat, maka perkembangan industry kreatif digital di Bandung menjadi semakin pesat. Dengan adanya sinergi dari kedua belah pihak, maka kota Bandung dapat dijadikan sebagai salah satu kota yang menjadi Gudangnya Industri Kreatif di Indonesia.

Hal tersebut akan memacu daerah lain untuk ikut maju dan berkembang sepert yang telah terjadi di Kota Bandung. DarI koTA Bandung sendiri telah lahir para creator-kreator start-up handal yang telah menunjukkan kemampuannya di tingkat nasional.

Beberapa Industri Kreatif Digital Kota Bandung kini sudah diminati oleh banyak orang. Pembuatan start-up berbasis Smartphone kini sudah banyak diciptakan oleh kawula muda dan kreatif kota Bandung.

Beberapa start-up yang sudah menunjukan taringnya diantaranya adalah sebagai berikut.

ToiletRate

Sart up ini merupakan sebuah start-up yang dapat membantu orang dalam mencari toilet. Setidaknya sudah ada sekitar 300 toilet yang menjadi database start up tersebut. Start-up ini juga merupakan start-up yang sudah muali diluncurkan keberadaannya.

SIGAMaci

Start-up ini merupakan solusi bagi sebuah perkotaan yang memiliki banyak sampah. Fitur yang diberikan oleh start-up ini adalah berupa solusi manajemen sampah yang ditawarkan untuk pemerinah. Dengan start-up ini pemerintah akan sedikit terbantu dengan pengelolan sampah yang ada di Kota-kota besar.

Mandala

Platform yang satu ini merupakan salah satu teman bagi mahasiswa, pasalnya platform ini memberikan fitur penghubung antara komunitas kampus dengan perusahaan-perusahaan yang dapat dijadikan sponsor. Platform yang sangat berguna bagi mahasiswa yang tergabung dalam komunitas kampus.

Circle Lawyer

Platform Circle lawyer merupakan salah satu start-up yang menghubungkan masyarakat dengan pengacara. Paform ini dibuat dengan tujuan untuk membantu pengacara maupun masyarakat yang akan menggunakan jasa hokum pengacara. Sangat membantu bagi masyarakat yang sedang dalam masalah hukum.

bandung creative city

Kota Bandung juga merupakan salah satu influence terbesar di Indonesia dalam bidang industry kreatif digitalnya . kota yang melahirkan orang-orang kreatif ini telah sejak lama memiliki bibit unggul dalam bidangindustri kreatif digital.

Populasi daripara pelaku industry di bidang digital ini sekarang juga sudah dsangat menjamur. Mengutip perkataan dari salah satu tokoh Industri kreatif Digital Kota Bandung, saat ini dengan adanya akses internet cepat ke seluruh Indonesia dpat membantu para pelaku di bidang industry kreatif digital dalm mengasah dan meningkatkan kemampuannya.

Selain itu dukungan dari pemerintah juga sangat penting. Dengan memberikan fasilitas seperti keringanan pajak bagi start-up yang baru muncul akan sangat membantu para pelaku tersebut dalam mengembangkan produknya.

Dengan demikian, dari adanya dukungan pemerintah dan juga fasilitas yang semakin baik ini, maka Industri kreatif digital di Kota Bandung dan di seluruh Indonesia dapat ikut bersaing dalam kancah industry kreatif digital dunia.

Selain dukungan pemerintah, adanya kegiatan-kegiatan seperti Festival Digital dan juga acara penganugrahan Start-up start-up terbaik dan terfavorit juga kan menambah kemampuan pelakuindustri digital tersebut ke tingkatan yang lebih baik lagi.

Seperti DiLo festival yang diadakan di Jalan Banda pada tahun 2016 lalu, festival ini memberikan manfaat untuk pelaku industry digital dalam Branding produknya kepada masyarakat.

Dengan demikian kegiatan tersebut secara tidak langsung merupakan sebuahkegiatan berbagi ilmudan pengalaman para pelaku industry kreatif agar sama-sama memiliki produk sart-up yang diminati masyarakat.

Dari festival-festival teknologi tersebut dapat membantu para pelaku digital dalam menciptakan dan berinovasiproduk baru.

Sehingga produk produk yang diciptakan akan banyak membantu masyarakat, dan pada akhirnya industry kreatif digital akan menjadi pilihan semua masyarakat dalam membantu kegiatan sehari-harinya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *