Aktifitas Wisata di Tangkuban Perahu

Kami jelaskan apa sebenarnya tujuan kami. Kami katakan bahwa kami adalah manusia-manusia yang tidak percaya pada slogan. Patriotisme tidak mungkin tumbuh dari hipokrisi dan slogan-slogan. Seseorang hanya dapat mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenal obyeknya. Dan mencintai tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat. Pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat. Karena itulah kami naik gunung.”

― Soe Hok Gie, Catatan Seorang Demonstran

Gunung adalah salah satu manifestasi kekuasaan Tuhan. Dengan mengunjungi gunung, kita dapat lebih mengenal Tuhan, diri kita sendiri, negeri kita, dan alam semesta. Oleh karena itu, ada baiknya kamu memasukkan gunung ke list tempat wisata yang akan kamu kunjungi.

Nah, salah satu gunung yang sangat mudah untuk diakses adalah Gunung Tangkuban Perahu di perbatasan Bandung dan Subang, Jawa Barat. Ada berbagai aktivitas wisata di Tangkuban Perahu. Apa saja? Check this out !

Mendaki via Hutan Wisata Jayagiri

Jika kamu seseorang yang mengagumi para pendaki dan ingin menjadi seperti mereka, maka berbahagialah ! Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang ramah terhadap pendaki pemula.

Tracknya yang tidak terlalu ‘kejam’ sangat cocok bagi pemula seperti kamu. Untuk memulai niat baik tersebut, pergilah ke gerbang Perhutani di Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. Setelah itu, bayar Rp 5.000 untuk memasuki kawasan Hutan Wisata Jayagiri.

Di sinilah pendakian dimulai. Kamu akan menyusuri Hutan Jayagiri menuju terminal Jayagiri selama 3 jam. Sekedar informasi, jarak dari gerbang Perhutani dan terminal Jayagiri adalah 6,5 kilometer.

Setelah sampai di terminal, kamu akan ditawarkan 2 pilihan. Pilihan pertama yakni menggunakan ontang-anting sebagai transportasi ke Tangkuban perahu, sedangkan pilihan kedua adalah tetap konsisten mendaki hingga sampai ke Tangkuban Perahu.

Jarak dari terminal Jayagiri ke Tangkuban Perahu adalah 8,5 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam (jalan kaki). Jarak yang lumayan jauh, bukan ?Bagi kamu yang telah merasa kelelahan, maka sebaiknya pilih opsi pertama.

Jika kamu masih kuat, maka teruslah berjalan menaklukkan diri sendiri untuk menuju Tangkuban Perahu. Sebelum memulai perjalanan kembali, jangan lupa membayar biaya tiket masuk Tangkuban Perahu sebesar Rp 30.000 per orang.

Ketika kamu telah sampai di puncak Tangkuban Perahu, pasti ada rasa senang dan bangga yang mendera. Senang karena kamu telah menaklukkan ketakutanmu dan bangga terhadap alam Indonesia yang megah serta Bumi Pasundan yang indah.

Melihat keindahan Kawah Ratu dan Kawah Upas

Kawah Ratu adalah kawah terbesar di Tangkuban Perahu. Kawah ratu berbentuk seperti mangkuk besar yang memiliki kedalaman 500 meter dari permukaan kawah.

Nah, kawah ini termasuk mudah diakses pengunjung karena letaknya yang berdekatan dengan tempat parkir kendaraan. Dengan pemandangan eksotis yang terkadang ditutupi kabut, maka kawah ini sangat cocok digunakan sebagai background berfoto.

Kamu juga dapat mendaki sedikit ke tempat yang lebih tinggi untuk melihat keindahan kawah secara meneyluruh. Namun, selalu ingat bahwa keselamatan jauh lebih penting dari aktivitas sekedar ngeksis. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, maka bibir kawah ratu dipasangi pagar pengaman di sekelilingnya.

Kawah Upas adalah salah satu kawah terkenal di Tangkuban Perahu. Untuk mengakses kawah ini, kamu perlu berjalan 1 km ke utara Kawah Ratu. Kawah Upas sering ditutup untuk pengunjung karena kawah ini sering mengeluarkan gas beracun yang membahayakan nyawa manusia.

Jika kawah tertutup, maka kamu akan melihat pintu gerbang menuju Kawah Upas tertutup. Begitu pula sebaliknya. Jika pintu gerbang kawah ini terbuka, maka selanjutnya kamu akan menyusuri jalan setapak yang dikelilingi pepohonan hijau. Saat mengunjungi Kawah Upas, maka sebaiknya bawalah topi karena sinar matahari lebih menyengat di atas ketinggian.

 

Merendam kaki di mata airKawah Domas

Kawah Domas terletak sebelum Kawah Ratu. Letaknya dari gerbang Dormas sekitar 1 kilometer atau sekitar 1,2 Km dari Kawah Ratu.

Setelah melewati gerbang Dormas, kamu akan berjalan di setapak yang di sampingnya terdapat banyak lumut dan pepohonan tinggi menjulang serta hewan langka, yakni Lutung, Surili, Meong Congkok, dan Elang Jawa. Setelah melihat Kawah Domas, maka rasa lelah akan terbayar.

Kawah Domas dapat dikatakan sebagai kawah yang cukup ramah terhadap pengunjung. Di sini, kamu dapat merebus telur selama kurang lebih 10 menit, lho. Ya, suhu air panas di Kawah Domas mencapai 98 0 Celcius.

Telur yang kamu rebus juga pastinya aman untuk dikonsumsi. Untuk mencoba pengalaman seru ini, kamu tidak perlu membawa telur dari rumah. Ada beberapa penjual telur di sekitar kawasan Kawah Domas.

Tidak hanya itu, kamu dapat merendam kaki di mata air sekitar Kawah Domas. Air panas ini mampu merileksasi kaki yang telah lelah berjalan jauh. Sembari menikmati pemandangan kawah dan bebatuan putih dan kekuningan di sini, kamu juga perlu mencoba maskeran dan luluran menggunakan lumpur belerang.

Nah, hal ini dilakukan bukan karena kurang kerjaan, ya. Namun, ada banyak manfaat dari lumpur belerang untuk kesehatan dan kecantikan kulit, di antaranya yaitu mengobati penyakit kulit, menstimulasi sel kulit, melembabkan kulit, mengelupas sel kulit mati, dan menghilangkan noda. So, keep love nature and stay beautiful / handsome ! 😉

 

Cikahuripan

Cikahuripan merupakan nama sebuah gua dan mata air di dekat Tangkuban Perahu. Gua Cikahuripan memiliki panjang sekitar 10 meter hingga 12 meter. Mulut gua ini hanya memiliki lebar 1 meter saja.

Gua Cikahuripan sekarang sering dipakai untuk bertapa dan menaruh sesajen. Untuk memasuki gua ini, pengunjung oerlu merogoh kocek sebesar Rp 1000.

Berbicara tentang mata air Cikahuripan, konon katanya merupakan tempat mandi Dayang Sumbi. Tentunya hal ini sangat menarik wisatawan. Namun, akses ke mata air ini masih tertutup karena adanya erosi di sana.

 

Berkuda

Berkuda adalah olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan jasmani dan jiwa. Ketika berkuda, tulang punggung, betis, dan paha akan dilatih untuk menyesuaikan dengan gerakan kuda yang kadang teramat cepat.

Selain itu, berkuda juga dapat melatih kepercayaan diri untuk tidak takut, leadership, dan teamwork.

Nah, manfaat berkuda dapat kamu buktikan di Tangkuban Perahu. Jadi, kamu berkunjung ke hutan Cikole dan menyewa kuda.

Kemudian, ada pendamping yang akan mendampingimu berkuda menyusuri hutan Cikole hingga mencapai Tangkuban Perahu.

Pemandangan yang hijau dapat kamu nikmati di hutan ini. Sedangkan, sensasi gersang yang eksotis akan kamu temui saat berkuda di Tangkuban Perahu.

 

Wisata kuliner dan berbelanja di sekitar Tangkuban Perahu

Di perjalanan menuju Gunung Tangkuban Perahu, tepatnya di Jl. Raya Tangkuban Parahu, kamu dapat menemukan beberapa restoran yang makanannya lezat dan pemandangannya indah, di antaranya yaitu Natural Resto and Strawberry Land, Gubug Makan Mang Engking, Saung Pengkolan 2, dan lain-lain.

Di samping itu, kamu juga dapat berbelanja souvenir di Tangkuban Perahu. Terdapat beberapa penjual yang menjajakan barangnya, seperti topi, mainan, cincin, angklung dari pakis haji, dan lain-lain.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *