Ada apa di Braga

Sebagai salah satu kota wisata terkenal di Indonesia, tentu tidak lengkap rasanya jika mengunjungi Bandung tanpa berjalan-jalan ria. Berbicara tentang jalan-jalan, ada sebuah jalan yang sangat asyik untuk ditelusuri dan dijelajahi. Nama jalan tersebut ialah Jalan Braga.

Lalu, apa keunikan Jalan Braga? Mengapa jalan sepanjang 700 meter tersebut sangat mengasyikkan bagi para turis?

Braga merupakan salah satu jalan protokol di Bandung. Di kawasan ini, kamu dapat menemukan bangunan-bangunan kuno peninggalan Belanda. Jalan yang sarat akan sejarah ini juga memiliki keunikan lain, yaitu tidak menggunakan aspal, tapi menggunakan paving blocklayaknya jalanan yang ada di Eropa.

Berada di Braga terasa seperti melancong ke negeri-negeri di Eropa. Bagi para turis domestik, tentu sangat mengasyikkan menyusuri jalan yang berada di dalam negeri tetapi memiliki sensasi berada di luar negeri.

Bagi para turis mancanegara, khususnya Eropa, pasti merasakan sensasi berada di rumah sendiri meski ternyata berada di negara lain. Sensasi paradoks tersebut membuat Jalan Braga sangat menarik.

Sejarah Jl. Braga

jalan braga
from insidebandung dot com

Meski Jalan Braga kini memiliki berbagai keindahan yang membuat siapa saja betah berlama-lama, ternyata kondisi ini berbanding terbalik dengan Braga di masa awal 1900-an. Dulu, kawasan Braga hanya merupakan jalan kecil yang rawan penculikan.

Kekelaman tersebut membuat jalan ini dinamakan Jl. Culik. Namun, hal tersebut tidak membuat gentar para pengusaha Belanda untuk mendirikan tempat bisnis di kawasan ini. Upaya tersebut pun berbuah manis. Braga pun dipenuhi berbagai macam usaha, mulai dari kafe, bar, toko , dan butik yang baju-bajunya diimpor dari kota mode dunia, Paris.

Oleh karena itu, Kota Bandung dijuluki Paris Van Java. Daya tarik tersebut memikat turis-turis untuk datang ke Braga. Namun, terdapat sisi kelam lain dari adanya bisnis bar di tempat ini.

Banyak turis yang ber-one night stand dengan gadis-gadis kembang Bandung. Hal itu pun memunculkan julukan baru bagi Bandung, yakni kota kembang.

Ya, kisah-kisah di atas adalah masa lalu yang tinggal kenangan. Namun, kenanganlah yang membuat semuanya menjadi indah. Terlepas dari masa lalu tersebut kelam ataupun menyenangkan, jangan sekali-kali melupakan sejarah (JASMERAH). Dengan berpetualang di Braga, kamu dapat mengimplementasikan kata-kata Presiden Soekarno tersebut.

Gedung Landmark Braga

landmark braga
via ksmtour

Salah satu bangunan bersejarah yang dapat kamu temui di Jalan Braga adalah Gedung Landmark. Gedung ini dulunya merupakan perpustakaan bernama Van Dorp yang beroperasi dari tahun 1922 hingga 1960. Namun, pada tahun 1970 gedung ini dialihfungsikan menjadi bioskop. Kini, Gedung Landmark digunakan sebagai gedung serba guna oleh masyarakat Bandung.

Kuliner di Jalan Braga

Berjalan-jalan di Braga tentu tidak afdhol jika tidak mencicipi kulinernya yang lezat. Di sepanjang jalan Braga, kamu dapat menjumpaibanyak tempat makan yang akan menggugah selera kamu. Apa saja destinasi kuliner di Jalan Braga? Check this out !

1. Warung Makan C’Mar

warung c'mar
via serbabandung

Warung Makan C’Mar adalah salah satu tempat makan di Braga yang menjual masakan sunda. Meski berkonsep kaki lima, warung makan ini selalu ramai dipenuhi pengunjung. Warung Makan C’Mar buka dari pukul 09.00-22.00 (senin-jumat) atau pukul 09.00-00.00 (sabtu).

2. Braga Huis / Hangover Cafe & Resto
Kafe & Resto ini bertempat di Jl. Braga No. 47. Di sini, kamu dapat menikmati suasana jadul ala Hindia Belanda. Alunan musik jazz turut semakin mempertebal kesan tempo doeloe tersebut. Menu di Braga Huis terdiri atas makanan maupun minuman khas Indonesia dan Internasional.

Asyiknya lagi, Kafe ini menyajikan kopi khas nusantara dengan teknik Internasional. Selain suasana dan rasa makanan yang istimewa, Braga Huis juga memiliki spot foto yang instagramable. Benar-benar menarik, ya ?

3. Braga Punya Cerita

braga punya cerita
via kulinerdago

Sesuai dengan namanya, restoran ini menampilkan cerita-cerita dari Braga. Di meja makan, kamu dapat menemukan nomor meja yang berbentuk buku, isinya mengenai sejarah Jalan Braga. Daya tarik restoran ini juga terletak pada bangunannya yang telah ada sejak zaman kolonial.

Dengan sentuhan artistik dari pemilik restoran, bangunan tersebut pun dipercantik. Namun, hal itu tentunya tidak menghilangkan esensi bangunan tua ini. Braga Punya Cerita juga menyajikan berbagai menu makanan yang terasa lezat di lidah, seperti sate taichan, mie kocok, ayam geprek, dan lain-lain.

Meski memberikan pengalaman makan yang luar biasa, tempat makan ini sangat ekonomis. Bagi kamu kids jaman now maupun kids jaman old, kuyburuan ke Braga Punya Cerita !

4. Suga Rush Cafe

sugarush
via pergikuliner

Jika kamu ingin nongkrong bersama teman di Braga, salah satu kafe yang akan membuat nyaman pengunjungnya adalah Suga Rush Cafe. Cahaya lampu yang tidak terlalu terang pada malam hari akan membuatmu lebih rileks dalam menikmati quality time bersama keluarga, teman, maupun pacar.

Di kafe ini, kamu dapat mencicipi berbagai makanan, minuman, maupun dessert. Seperti halnya kafe-kafe lain di Bandung, menu di Suga Rush Cafe cukup terjangkau dengan kisaran harga Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per orang.

5. Braga Permai
Fakta yang menarik dari Braga Permai ialah restoran ini merupakan salah satu restoran tertua di Bandung. Restoran yang berlokasi di Jl. Braga No. 58 ini telah berdiri sejak 1918 dan dulunya bernama Maison Bogerijen.

braga permai
via tripadvisor.co. id

Jadi, tidak heran jika kamu akan merasakan nuansa Belanda jaman baheula. Di sini, kamu akan menemukan berbagai menu, mulai dari makanan khas Indonesia, Asia, hingga Belanda. Tidak hanya rasanya yang lezat, harganya juga sangat terjangkau.

Berbagai keunggulan memang dimiliki oleh restoran ini, termasuk juga pelayanan yang cepat dan ramah. Sekedar tambahan informasi, pada zaman dulu, kafe ini digunakan untuk melayani Ratu Belanda. Kehebatan kafe ini di masa lalu ternyata masih dimilikinya hingga kini.

Penginapan di Jl. Braga

Berpetualang di Jalan Braga tidak cukup hanya sehari. Kamu memerlukan banyak waktu untuk benar-benar menikmati Braga.

Alasan tersebut membuat para pengusaha mendirikan berbagai hotel di kawasan ini. Beberapa tempat menginap yang aman dan nyaman di Braga adalah sebagai berikut. Check this out !

  • Ibis Styles Bandung Braga
  • Gino Feruci Braga Hotel Bandung (terletak di Braga City Walk)
  • Aston Braga Hotel & Residence Bandung (terletak di Braga CityWalk)
  • Favehotel Braga (terletak di Braga CityWalk)

Braga City Walk

Braga memang memiliki nuansa yang sangat kental dengan kesan tempo doeloe. Namun, bukan berarti tidak ada sesuatu yang kekinian di jalan ini. Di Braga, terdapat kawasan wisata terpadu bernama Braga City Walk.

Jadi, kamu dapat nge-mall di Mall Braga City Walk, nonton di Cinema 21 Braga City Walk, makan di berbagai food court Braga City Walk, dan nginap di hotel-hotel yang berada di dalam Braga City Walk. Benar-benar komplit, ya?

Itulah tadi beberapa tempat yang dapat kamu kunjungi di Jalan Braga. Di Braga, kamu dapat menikmati berbagai hal dengan berbagai rasa. Selamat berpetualang di Braga !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *