5 HAL MENARIK YANG DAPAT DISAKSIKAN DI BANDUNG AIR SHOW

Bandung Air Show merupakan event dua tahunan yang diadakan oleh Pemerintah Kota Bandung. Acara ini merupakan salah satu rangkaiaan dari peringatan Hari Jadi Kota Bandung. Dalam acara ini berbagai alat pertahanan udara dan juga berbagai alat di dunia kedirgantaraan dapat disaksikan oleh masyarakat umum. Banyak masyarakat dari luar Bandung menginap di beberapa Hotel Bandung yang sangat antusias dan ikut menyaksikan dengan adanya Bandung Air Show ini. Pasalnya, acara ini dapat dijadikan orangtua sebagai media pengenalan kendaraan-kendaraan udara kepada buah hati mereka.

Sebagai acara dua tahunan yang sangat di tunggu-tunggu masyarakat, tentunya peemerintah kota Bandung, beserta panitia penyelenggara acara ini berusaha maksimal untuk memuaskan seluruh pengunjung yang datang. Sehingga selain pameran dunia kedirgantaraan dan juga alat-alat pertahanan udara, juga telah disiapkan berbagai acara lain yang dapat menambah antusias pengunjung. Acara Bandung Air Show ini diadakan di kawasan Landasan Husein Sastranegara. Beberapa hal menarik ini dapat ditemukan di acara Bandung Air Show sehingga pengunjung jangan sampai melewatkan salah satu hal menarik ini.

 

  1. Atraksi Pesawat

Salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu dalam event Bandung Air Show adalah aksi hebat para pilot handal yang mengemudikan pesawatnya. Tentunya, bukan hanya mengemudi dengan cara biasa, pilot-pilot tersebut akan menampilkan aksi akrobatik yang menunjukkan kepiawaian mereka dalam mengendalikan “burung besi” miliknya. Misalnya saja Pesawat yang ditampilkan pada Bandung Air Show 2017 kemarin, ada pesawat Super Tucano dari Skuadron 21 Landasan Udara Abdurrahman Saleh Malang. Aksi tersebut bukan tanpa resiko. Para pilot yang terlibat dalam Atraksi Pesawat Bandung Air Show telah melakukan latihan dan persiapan jauh-jauh hari sebelumnya.

Hal itu dilakukan untuk menghindari resiko-resiko yang tidak diinginkan. Pengunjung yang datang menikmati aksi akrobatik dari pilot-pilot handal tersebut akan merasa takjub dengan keahlian yang dimiliki pilot tersebut. Bukan hanya pesawat, beberapa Heli Colibri juga turut berpartisipasi dalam gelaran acara Bandung Air Show. Sehingga menambah ragam aksi luar biasa yang dapat disaksikan oleh masyarakat yang datang dalam acara Bandung Air Show. Selain pertunjukan akrobatik pesawat, pengunjung juga akan dibuat takjub dengan pertunjukan yang dilakukan oleh beberapa ahli terjun payung. Mereka akan menunjukkan keahliannya dalam melakukan terjun bebas dari ketinggian.

 

  1. Pameran Dunia Kedirgantaraan dan Alat Pertahan Udara

Selain atraksi hebat dari pilot-pilot yang berpartisipasi dalam Bandung Air Show, di acara ini juga terdapat salah satu hal yang dapat dijadikan media edukasi masyarakat. Pameran dari berbagai pesawat dan juga Alat Pertahanan udara. Beberapa koleksi yang dapat di lihat dalam Pameran Bandung Air Show diantaranya adalah Pesawat Amfibi Albatros, pesawat CN-235, Pesawat dari Bandung Pilot Academy, yakni Pesawat Teknam, pesawat N-250, dan masih banyak jenis pesawat lainnya.

Dari acara ini, pengunjung akan menhenali jenis-jenis dan nama pesawat, serta akan mengetahui fungsi dari masing-masing pesawat tersebut.  Setelah mengetahui jenis dan fungsi-fungsi pesawat, maka pengunjung dapat berfoto ria di depan barisan pesawat-pesawat gagah tersebut. Dan juga, pengunjung akan mendapatkan spot foto dan hasil foto yang menarik. Tak heran acara Bandung Air Show yang di gelar dua tahun sekali ini sangat menarik perhatian masyarakat dan banyak masyarakat yang selalu menyempatkan untuk datang dalam acara Bandung Air Show.

 

  1. Bazaar Makanan, Kompetisi dan Seni

Selain menjadi ajang pameran dunia kedirgantaraan Indonesia, BANDUNG Air Show juga memberikan bebeapa kegiatan lain yang akan menambah kemeriahan acara ini. Acara Bazaar makanan, kompetisi, dan Seni juga turut menyemarakaan salah satu event terbesar Kota Bandung ini. Pengunjung yang sudah lelah dan ingin beristirahat sebentar dapat menikmati makanan-makanan yang telah disediakan panitia dalam Bazaar Makanan. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan Seni yang telah disediakan pula oleh panitia acara. Sehingga acara ini akan semakin menambah minat pengunjung dalam gelaran Festival Bandung Air Show.

Jadi, pengunjung yang datang ke acara ini tidak perlu cemas dan khawatir bila lapar dan haus melanda tiba-tiba. Karena Bazaar makanan siap mengatasi masalah lapar dan haus pengunjung.

 

  1. Gelar Wicara Oleh Tokoh Dunia Kedirgantaraan

Untuk menambah wawasan pengunjung yang datang dalam acara Bandung Air Show, maka pihak panitia bersama pemerintah mengadakan salah satu sesi penting, yaitu gelar wicara yang dilakukan oleh beberapa tokoh dari dunia kedirgantaraan. Misalnya pada acara Bandung Air Show 2017, panitia bersama pemerintah mendatangkan dua tokoh dari dunia kedirgantaraan yaitu Sandriani Permani yang merupakan fotografer khusus pesawat-pesawat tempur dan juga pesawat lain, dan juga salah satu pilot senior pesawat tempur F-16 yang turut dihadirkan dalam Bandung Air Show 2017 adalah Pilot Ali Sudibyo. Dalam gelar wicara ini, akan dijelaskan beberapa hal mengenai dunia kedirgantaraan. Sehingga selain sebagai salah satu ajang rekreasi, festival ini juga dapat  dijadikan masyarakat sebagai media edukasi yang menyenangkan.

 

  1. Diadakan di Area Landasan Udara Husein Sastranegara

Event yang diadakan dua tahun sekali oleh Pemerintah Bandung ini memang menjadi salah satu magnet bagi wisatwan local maupun luar Bandung. Karena bertema tentang dunia Kedirgantaraan, maka Bandung Air Show selalu diadakan di Landasan Udara Husein Sastranegara. Di Landasan Udara Husein Satranegara ini akan disediakan pintu masuk bagi pengunjung. Di pintu masuk tersebut pengunjung akan dikenakan tarif tiket masuk. Harga tiket masuk yang di banderol oleh panitia berkisar antara Rp 10.000 sampai dengan Rp 20.000. Lalu letak atraksi, dan juga pameran pesawat terletak cukup jauh dari pintu masuk utama.

Sehingga pengunjung harus menempuh perjalanan cukup jauh untuk mencapai titik utama dari pergelaran Bandung Air Show. Namun pengunjung tidak perlu khawatir karena Panitia beserta Pemerintah Kota Bandung telah mempersiapkan alat transportasi berupa Shuttle Bus yang akan membawa para pengunjung ke tempat yang diinginkan. Sehingga pengnjung yang datang ke acra tersebut tidak perlu bersusah payah jalan kaki untuk mencapai titik pertunjukan yang diinginkan. Shuttle Bus yang disediakan juga cukup banyak. Namun mengingat banyaknya pengunjung yang datang ke tempat tersebut maka, pengunjung harus bersabar dan antre untuk dapat menaiki shuttle bus yang telah disediakan.

 

nah, beberapa hal diatas adalah kegiatan-kegiatan unik yang dapat pengunjung temukan di Acara Bandung Air Show. Bagi warga Bandung maupun warga di luar Kota Bandung, acara Bandung Air Show sangat sayang apabila dilewatkan begitu saja. sebab dalam acara ini pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan juga mendapatkan pengetahuan baru di bidang kedirgantaraan, khususnya di di Indonesia. Oleh karena itu, bagi calon wisatawan Kota Bandung, sangat di rekomendasikan untuk mendatangi event dua tahun sekali kota Bandung ini. Selain itu, tariff yang di patok untuk dapat menikmati acara ini tergolong sangat murah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *